top of page

5 Desain Sepatu Sneaker Paling Kontroversial di Dunia, Banyak Menuai Kritik 

Sejumlah desain sepatu sneaker paling kontroversial di dunia yang banyak menuai kritik, berikut ulasannya.

Sneaker atau sepatu olahraga telah menjadi salah satu fashion item yang paling populer di seluruh dunia. Tak hanya digunakan untuk aktivitas olahraga, sneakers kini telah menjadi tren fashion yang tidak bisa diabaikan.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa desain sepatu sneaker yang paling kontroversial dalam sejarah fashion?.

Berikut adalah beberapa contoh desain sepatu sneakers paling kontroversial di dunia yang pernah ada, dikutip dari beberapa sumber. 

Daftar desain sepatu sneaker paling kontroversial di dunia

1. MSCHF x Lil Nas Air Max 97 (Satan Shoes)

Desain Sepatu Sneaker Paling Kontroversial di Dunia – MSCHF

Sepatu ini dirilis pada bulan Maret 2021 dan telah menarik perhatian banyak orang karena desainnya yang provokatif.

Sepatu ini dirancang oleh Lil Nas X, seorang rapper Amerika Serikat, bersama dengan perusahaan desain kontroversial MSCHF.

Desain sepatu ini menggunakan model Nike Air Max 97 sebagai dasarnya. Namun, sepatu ini memiliki desain yang sangat berbeda dengan desain asli dari Air Max 97.

Sepatu ini memiliki warna hitam dengan detail merah dan emas, serta dilengkapi dengan pentagram di bagian atas dan tulisan “Luke 10:18” di sisi sepatu.

Tulisan ini mengacu pada ayat dalam Alkitab yang menyatakan, “Aku telah melihat setan jatuh seperti kilat dari langit.” Dan, yang membuat desain sepatu ini sangat kontroversial adalah penggunaan darah manusia dalam bagian sol sepatu.

2. Nike Air Max 97 “Jesus Shoes”

Desain Sepatu Sneaker Paling Kontroversial di Dunia – MSCHF

Desain sepatu ini diproduksi oleh brand fashion MSCHF dengan bekerja sama dengan pengrajin sepatu Brooklyn, Joe Ventura.

Sepatu ini memang sangat kontroversial karena menggunakan air suci yang diambil dari Sungai Yordan untuk membuat sol sepatu yang di dalamnya terdapat salib kecil.

Selain itu, sepatu ini juga menampilkan logo salib dan ayat Alkitab pada bagian belakangnya.

Pada akhirnya desain sepatu ini menjadi viral dan menjadi topik perdebatan di media sosial dan masyarakat karena dianggap menyelewengkan nilai-nilai keagamaan.

3. Adidas Yeezy 350 V2 Israfil 

Desain Sepatu Sneaker Paling Kontroversial di Dunia – Yeezy

Yeezy 350 V2 Israfil merupakan salah satu desain sepatu kontroversial dari Kanye West, desainer ternama dan pemilik merek Yeezy.

Sepatu ini diluncurkan pada tahun 2020 dan dianggap kontroversial karena desainnya yang dianggap mirip dengan lambang agama Islam.

Sepatu Yeezy 350 V2 Israfil memiliki warna dasar abu-abu dan biru muda dengan aksen warna oranye pada sol dan label merek.

Namun, yang memicu kontroversi adalah pola pada sepatu yang mirip dengan ayat-ayat Al-Quran dalam tulisan Arab.

4. Jeremy Scott x Adidas “JS Roundhouse Mid”

Desain Sepatu Sneaker Paling Kontroversial di Dunia – Adidas

Jeremy Scott x Adidas “JS Roundhouse Mid” adalah sepatu yang dirilis pada tahun 2012 oleh Adidas dan desainer asal Amerika Serikat, Jeremy Scott.

Desainnya yang kontroversial membuatnya menjadi sangat dibicarakan di dunia fashion pada saat itu.

Desain sepatu ini memiliki tali yang mengelilingi bagian atas sepatu, yang menyerupai rantai besi atau borgol.

Hal ini dianggap sebagai bentuk penghinaan kepada orang kulit hitam yang pernah dijadikan budak dan dijebloskan ke dalam penjara.

5. Adidas Yeezy Foam Runner

Desain Sepatu Sneaker Paling Kontroversial di Dunia – Adidas

Adidas Yeezy Foam Runner adalah sepatu yang memiliki desain kontroversial karena bahan dasar pembuatannya yang berbeda dari sepatu pada umumnya.

Sepatu ini diproduksi menggunakan bahan EVA, yang biasanya digunakan untuk membuat sandal pantai dan sandal kolam renang.

Kontroversi dari Adidas Yeezy Foam Runner tidak hanya terkait dengan desainnya yang berbeda, tetapi juga dengan masalah lingkungan.

Bahan dasar pembuatannya, yaitu EVA, terbuat dari bahan sintetis yang sulit terurai dan mencemari lingkungan.

Desain sepatu yang kontroversial sering kali memicu debat di antara penggemar sepatu dan masyarakat secara umum.

Namun, hal ini juga dapat menjadi peluang bagi perancang untuk menciptakan desain yang lebih baik lagi, tanpa perlu membuat desain yang bisa menyinggung orang dari golongan tertentu.

94 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page