top of page

5 Warna yang Harus Dihindari Saat Mendesain Website

Dalam membuat sebuah situs web yang bagus itu ada sejumlah warna yang harus dihindari saat mendesain website, agar hasilnya tetap bagus dan nyaman dioperasikan.

Warna merupakan salah satu komponen penting untuk meningkatan daya tarik visual sebuah website.

Dengan pemilihan warna yang tepat desain website bisa sangat menonjol dan enak dilihat, tetapi jika pemilihan warnanya buruk, maka semua elemen dan teks yang sudah disusun dengan baik bisa rusak seketika.

Oleh karena itu, sebagai seorang desainer UI UX, kamu wajib tahu warna – warna yang harus dihindari saat mendesain website, berikut daftarnya.

Daftar warna yang harus dihindari saat mendesain website

  1. Hitam murni

Hitam murni adalah warna yang wajib dihindari dalam membuat desain website. Itu karena terlalu kuat dan menyerap semua cahaya.

Warna ini juga kurang nyaman dilihat oleh mata secara terus menerus. Selain itu, bisa membuat mata tegang dan tak nyaman.


Warna yang Harus Dihindari Saat Mendesain Website

Warna yang Harus Dihindari Saat Mendesain Website – Canva

  1. Merah dan hijau

Warna lainnya yang juga sebaiknya dihindari adalah memadukan dua warna yang sama-sama punya kecerahan tinggi seperti merah dan hijau.

Dua warna itu jika dipadukan identik dengan warna Natal. Sebaiknya kamu memilih perpaduan warna yang lain.

Alasan lainnya adalah merah dan hijau jika dipadukan akan sulit dibedakan dan membuat pengguna seakan mengidap deuteranopia.

Deuteranopia bisa terjadi saat warna merah mungkin terlihat kuning kecoklatan, dan hijau mungkin terlihat krem.

Warna yang Harus Dihindari Saat Mendesain Website – Canva

  1. Neon

Warna-warna neon dalam desain website itu tidak menyenangkan dan cenderung menjengkelkan, meskipun warna-warnanya tampak indah, bersemangat, dan menarik.

Warna neon bisa mencolok dan dramatis saat digunakan dalam ilustrasi atau seni. Di luar itu neon bisa menyakiti mata pengguna website.

Warna yang Harus Dihindari Saat Mendesain Website – Canva

  1. Pelangi

Terkadang desainer ingin membuat sesuatu yang unik dan mencolok sehingga memadukan banyak warna dalam membuat desain website.

Namun, jangan sampai memakai terlalu banyak warna seperti pelangi. Warna pelangi terlalu kuat dan menggunakannya dalam desain website hanya menarik perhatian audiens sesaat.

Setelah beberapa saat, itu menjadi menjengkelkan dan membuat frustrasi. Mengapa? Dramatisasi warna mempersulit orang untuk membaca dan memahami pesan yang ingin disampaikan.

Warna yang Harus Dihindari Saat Mendesain Website – Canva

  1. Warna cerah atau putih dengan warna lebih cerah

Dengan menggunakan warna cerah di atas atau di samping warna yang lebih cerah, maka kamu bisa memicu migrain instan bagi audiens yang melihatnya.

Itu bukan berarti kamu tak bisa memakai warna yang berani, tetapi mengabungkan warna yang sama-sama terang secara berlebihan hasilnya tak akan bagus.

Jika kamu ingin memakai sejumlah warna yang cerah, wajib memperhatikan soal keterbacaan dan pemilihan elemen yang minimalis.

Warna yang Harus Dihindari Saat Mendesain Website – Canva

Itulah sejumlah warna yang harus dihindari saat mendesain website. Jangan pakai warna di atas, lebih baik memilih warna lainnya.

77 tampilan0 komentar

Comentarios


bottom of page