top of page

8 Perusahaan yang Sukses Rebranding, Profit Makin Naik

Untuk mengembangkan dan mempertahankan sebuah usaha memang tak mudah. Di tambah lagi dengan perkembangan zaman yang dinamis, pemilik usaha harus selalu siap untuk mengikuti tren yang ada.

Biasanya untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha, perusahaan akan melakukan rebranding.

Rebranding adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengubah total atau memperbaharui sebuah brand, agar menjadi lebih baik dengan tidak mengabaikan tujuan awal perusahaan, yaitu berorientasi pada profit.

Perbaruan yang dilakukan ada banyak. meliputi campaign, desain, tagline, bahkan nama.

Berikut adalah daftar perusahaan yang sukses rebranding dan usahanya semakin berkembang, baik dari segi pemasaran dan profit.

Perusahaan yang Sukses Rebranding - Aqua

Perusahaan yang Sukses Rebranding – Aqua

  1. Aqua

Dari dalam negeri ada produk minuman kemasan, Aqua yang makin dikenal secara luas oleh masyarakat setelah melakukan rebranding.

Pada awalnya Tirto Utama mendirikan perusahaan air minum kemasan pada 1973 dengan nama Puritas (Pure Artesian Water) yang logo produknya adalah daun semanggi.

Kemudian, atas usul Eulindra Lim, konsultan Indonesia yang bermukim di Singapura, nama Puritas dinilai kurang menarik dan diubah menjadi Aqua.

Selain, namanya lebih mudah diingat, Aqua tersebut bunyinya mirip dengan nama panggilan Tirto Utomo, yaitu “A Kwa.”

Itu lah awal mula Aqua menjadi minuman kemasan yang sangat populer di Indonesia dan menghasilkan profit tinggi.

Semua itu bisa diraih salah satunya berkat branding Aqua yang bagus, mulai dari nama, desain, hingga pemasarannya.

  1. Dunkin’

Dunkin’ Donuts secara resmi mengubah namanya menjadi Dunkin. Walaupun identik sebagai penjual donat, kata donat dihilangkan karena sudah tidak lagi diperlukan.

Alasannya pelanggan sudah akrab dengan versi singkat karena tagline yang dicantumkan, yakni “America Runs on Dunkin.”

Bisa dibilang Dunkin adalah contoh perusahaan yang sukses rebranding di era modern ini.

Perubahan yang dilakukan termasuk desain ulang logo, desain kemasan, perombakan toko, dan di semua saluran periklanan dan pemasaran.

Berkat rebranding itu, Dunkin’ tetap berjaya dan tak dibayangi lagi sebagai toko yang hanya menjual donat.

Perusahaan yang Sukses Rebranding – Dunkin’

  1. Walmart

Walmart merupakan marketplace yang hampir bangkrut lantaran terkenal akan harga produknya yang mahal.

Untuk mengatasinya, Walmart mengganti tagline-nya yang awalnya “Always Low Price” menjadi “Save Money, Live Better” pada 2007.

Selain mengganti tagline, Walmart juga mengubah desain interior dan display-nya. Alhasil karena konsep baru tersebut image Walmart yang awalnya buruk kembali membaik.

Omzetnya pun naik, bahkan pada masa resesi di 2008, Walmart tetap stabil dan berkembang, meski berada di tengah ekonomi dunia yang menurun.

Perusahaan yang Sukses Lakukan Rebranding – Walmart (Unplash)

  1. Apple

Perusahaan besar lainya yang sukses melakukan rebranding adalah Apple.

Apple yang didirikan pada 1976 awalnya bernama Apple Computers dan sempat mengalami penurunan omzet karena produk yang dijual terkesan kaku dan tak mengikuti pasar.

Lalu, sang pendiri Steve Jobs menggantinya menjadi Apple Inc pada 2007 dan membuat berbagai perubahan yang dinilai akan menaikkan minat beli masyarakat.

Salah satunya adalah mendesain produknya menjadi lebih elegan dan membuat produk mengikuti permintaan pasar.

Akhirnya Apple kini sukses besar dan sangat terkenal akan kualitas dan desainnya.

Meski harganya bisa dibilang tak murah, tetap ada banyak orang yang ingin memiliki produk dari Apple. Ini terbukti bahwa rebranding yang dilakukan Apple berhasil.


Perusahaan yang Sukses Rebranding – Apple (Unplash)

  1. Google

Selain Apple, Google juga pernah melakukan rebranding yang membuat namanya semakin dikenal luas dan menjadi mesin pencarian paling terkenal di dunia.

Pendirinya Larry Page dan Sergey Brin awalnya memberi nama BackRub pada 1996.

Lalu, dua tahun kemudian, mereka menggantinya menjadi Google. Google sendiri diambil dari istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol.

Bisa dilihat bahwa saat ini ketika orang ingin mencari sesuatu, pasti Google yang akan menjadi rujukan pertama.


Perusahaan yang Sukses Rebranding – Google

  1. Nintendo

Orang-orang pasti tak asing dengan nama game seperti Mario Bros, Pokemon, dan The Legend of Zelda. Game-game yang sangat populer di seluruh dunia itu dikembangkan oleh Nintendo.

Namun, apakah kalian tahu bahwa dulu namanya bukan Nintendo tapi Marufuku.

Pendiri perusahaan bernama Fusajiro Yamauchi awalnya menjual kartu remi Jepang yang namanya “hanafuda” pada 1889.

Kemudian, bisnis makin berkembang dan perusahaan mengganti nama menjadi Nintendo Playing Card.

Lantaran tak hanya memproduksi permain kartu, namanya pun diganti menjadi Nintedo saja dan menghilangkan kata Playing Card.

Perubahan tersebut banyak membawa berkah bagi Nintendo, dan membuatnya menjadi perusahaan besar yang berhasil meluncurkan game-game yang laris manis di pasaran.


Perusahaan yang Sukses Rebranding – Nintendo

  1. McDonald’s

Sebagai restoran junk food yang populer dan ada di seluruh dunia. McDonald’s sempat dicap sebagai restoran yang tidak sehat, karena diduga membuat banyak orang mengalami obesitas.

Image yang memburuk itu pun dengan segera diatasi dengan melakukan rebranding. McDonald’s menambahkan lebih banyak varian menu sehat seperti salad.

Kemudian, juga menambahkan tagline baru selain I’m Lovin It”, yaitu “What We’re Made Of” pada 2008. Setelah melakukan rebranding tersebut, penjualan pun naik.

Hingga kini McDonald’s juga terus melakukan inovasi seperti berkolaborasi dengan karakter game atau film, bahkan boyband seperti BTS untuk menarik lebih banyak konsumen.

Perusahaan yang Sukses Rebranding – McDonald’s (Unplash)

  1. Erigo

Sebelum dikenal menjual produk fashion untuk kaula muda, Erigo dulu memulai binis dengan menjual produk dengan konsep batik dan ikat.

Saat berdiri pada 2011, namanya pun masih Selected & Co dan belum menjadi Erigo. Sayangnya penjualan produk batik dan ikat tak sesuai harapan.

Kemudian, sang pemilik Muhammad Sadad melakukan rebranding pada 2013, mengubahnya menjadi perusahaan yang menjual pakaian kasual.

Berkat rebranding yang dilakukan itu, nama dan omzet Erigo melambung tinggi. Erigo juga semakin dikenal setelah berhasil menggelar fashion show di New York Fashion Week.


Perusahaan yang Sukses Rebranding – Erigo


6 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page