top of page

Cara Membuat Bayangan di Photoshop dalam 2 Menit (Rapi + Halus)

Banyak orang berpikir kalau cara membuat bayangan di Photoshop itu rumit. Apalagi membuat bayangannya terlihat ‘nyata’ dan rapi. Pasti kalian juga kesulitan, kan?

Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Padahal sebenarnya, hanya dalam dua menit kamu bisa lho membuat bayangan seperti yang terlihat di atas. Owly sudah membuktikan sendiri, nih. Tools yang dipakai pun ngga ribet, kok.

Penasaran gimana cara membuat pantulan bayangan di Photoshop? Langsung aja yuk kita simak 8 langkah mudah membuat bayangan di Photoshop di bawah ini.

Cara Membuat Bayangan di Photoshop – Tutorial Mudah

Membuat bayangan yang terlihat ‘nyata’ di Photoshop itu sebenarnya simple. Tapi sayangnya masih banyak orang yang belum tahu caranya. Padahal, kamu cuma butuh mengikuti 8 langkah di bawah ini, lho. Yuk langsung kita simak aja bagaimana caranya.

  1. Pertama, siapkan dulu object yang ingin kalian edit. Usahakan gunakan object yang sudah tidak memiliki background agar lebih mudah. Nah, kebetulan nih Owly juga punya tutorial menghilangkan background dalam 20 Detik. Jika sudah duplicate object nya dengan shortcut Ctrl + J

Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Cara Membuat Bayangan di Photoshop

  1. Selanjutnya, tambahkan layer style pada object yang sudah kalian duplicate. Lakukan cara ini dengan klik icon ‘fx’ yang ada di pojok kiri layers bar. Setelah itu pilih blending option atau klik 2 kali pada layer.

Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Cara Membuat Bayangan di Photoshop

  1. Untuk membuat objek terlihat seperti bayangan, pilih color overlay dan ubah color blend mode menjadi hitam.

cara membuat pantulan bayangan di Photoshop

Cara Membuat Pantulan Bayangan di Photoshop

  1. Jika sudah, klik Ctrl+T (transform) pada keyboard, kemudian klik kanan pilih Skew. Skew sendiri digunakan supaya kita bisa menerapkan kemiringan horizontal atau vertikal ke gambar.

Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Cara Membuat Bayangan di Photoshop

  1. Selanjutnya, miringkan objek yang akan dijadikan bayangan kemudian tekan enter. Lalu tekan Ctrl+T (transform) untuk menyesuaikan bayangan.

Cara Membuat Bayangan di Photoshop

  1. Supaya lebih rapi, lakukan penyesuaian lagi dengan klik kanan – Skew, kemudian tekan enter. Sesuaikan bayangannya sampai terlihat ‘nyata’ dan kalian merasa puas.

Cara Membuat Pantulan Bayangan di Photoshop

  1. Jika sudah, sekarang kita akan membuat bayangannya terlihat lebih real lagi. Caranya adalah dengan Klik menu Filter > Blur > Gaussian Blur dan atur radius-nya menjadi 6.

Cara Membuat Bayangan di Photoshop

  1. Nah, udah deh. Step terakhir tinggal finishing biar bayangannya terlihat lebih meyakinkan. Kalian bisa melakukannya dengan menurunkan opacity dan sesuaikan sampai menurut kalian cukup.

Cara Membuat Pantulan Bayangan di Photoshop

Terus gimana cara membuat bayangan shape di Photoshop?

Untuk membuat bayangan pada shape, kalian bisa banget menggunakan cara di atas. Dengan memanfaatkan “Skew”, kalian bisa menciptakan bayangan pada shape seperti di bawah ini.

Cara Membuat Bayangan Shape di Photoshop

Meski bisa dilakukan di Photoshop, sebenarnya untuk pengeditan vektor seperti shape lebih disarankan menggunakan Adobe Illustrator nih Sobat Owly.

Tapi menggunakan Photoshop-pun hasilnya bisa maksimal asal sobat Owly mahir mengotak-atik sampai bayangannya terlihat nyata. Kuncinya adalah banyak berlatih ya Sobat Owly. Selamat mencoba.

Kesimpulan

Nah itu tadi Sobat Owly panduan singkat dan mudah tentang bagaimana cara membuat bayangan di Photoshop. Mudah banget, kan ternyata?

Pokoknya selama Sobat Owly paham dan mengerti kegunaan semua tools dan fitur photoshop, bikin apapun pasti akan mudah dan cepat banget.

Kebetulan banget juga nih di Sekolah Desain sedang ada pembukaan baru untuk kelas Basic Adobe Photoshop. Jadi, buat kalian yang pengen belajar photoshop dari dasar dan dibimbing langsung oleh mentor, langsung main ke website kita ya.


18 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page