top of page

Mengenal 6 Arti Bentuk Logo dan Contohnya, Mana yang Paling Cocok buat Bisnismu?

Sebelum membuat desain logo, kamu wajib tahu yang namanya arti bentuk logo dan contohnya. Berikut penjelasan selengkpanya. 

Bentuk logo membantu menentukan nada bisnis kamu di luar daya tarik estetikanya saja. Penelitian tentang komunikasi visual menunjukkan bahwa bentuk-bentuk tertentu memiliki asosiasi dengan otak manusia.

Bentuk logo itu punya kemampuan untuk memperkuat pesan yang dimaksudkan kepada audiens yang akan menjadi target bisnis.

Ini berarti menambahkan bentuk yang disengaja pada desain logo kamu, tidak hanya akan mengubah tampilannya, tetapi juga akan mengubah cara audiens dalam melihat dan memahami.

Perlu kamu tahu bahwa makna logo itu tak terbatas pada bentuknya, warna font, dan gambar juga turut serta dalam memberikan pengaruh.

Di bawah ini, kita akan menjelajahi bentuk-bentuk logo yang familiar dan dampaknya pada konsumen. Berikut ini arti bentuk logo dan contohnya yang perlu kamu ketahui, dikutip dari Looka.com. 

Arti bentuk logo dan contohnya 

1. Logo lingkaran

Ketidakhadiran tepi atau sudut membuat desain logo lingkaran menjadi pilihan populer. Lingkaran punya bentuk bulat dan lembut, sehingga secara inheren berbeda dari kebanyakan bentuk lainnya.

Lingkaran terkait dengan femininitas, dan juga dapat menggambarkan keamanan, kontinuitas, dan perlindungan.

Logo oval juga termasuk dalam kategori ini, bersama dengan beberapa lingkaran yang dikombinasikan satu sama lain.

Beberapa lingkaran sering merepresentasikan komunitas, cinta, dan dukungan, serta tak terbatas dan kontinuitas.

Contoh logo lingkaran yang ikonik adalah logo Olimpiade, dengan cincin yang saling tumpang tindih.

Arti Bentuk Logo dan Contohnya – Wikimedia Commons

Kemudian, ada juga logo lingkaran populer dari Nivea, dengan tulisan putih di dalam lingkaran biru tua.

Logo ini mengingatkan orang-orang akan wadah lotion klasik milik Nivea di masa lalu. Makanya saat logo lingkaran dirilis, logo tersebut mudah dikenali. 

Arti Bentuk Logo dan Contohnya – Nivea

2. Logo persegi panjang dan segiempat

Persegi panjang dan segiempat menimbulkan perasaan stabilitas dan keseimbangan dalam pikiran manusia.

Penggunaan sudut 90 derajat berarti dalam bentuk logo punya arti yang tajam. Dan, persegi dapat digunakan untuk menciptakan struktur dan kekokohan dalam logo.

Namun, bentuk segiempat mungkin kurang terlihat, karena bentuknya yang umum ditemui pada media seperti buku, majalah hingga televisi.

Ritter Sport adalah contoh klasik dari logo segiempat. Untuk menggambarkan bentuk batang cokelat perusahaan, mereka menggunakan wadah persegi dalam logo, sehingga membuat tampilannya rapi. 

Arti Bentuk Logo dan Contohnya – Wikimedia Commons

3. Logo segitiga

Segitiga adalah bentuk logo yang dinamis dan kurang umum. Segitiga dikaitkan dengan stabilitas dan kecerdikan, serta mistisisme dan seni.

Garis keras dan geometri dramatis segitiga dapat menciptakan logo yang sangat menyenangkan.

Kekuatan dari bentuk segitiga adalah dapat ditempatkan dengan berbeda tergantung pada efek yang ingin kamu ciptakan.

Tempatkan segitiga dengan ujung yang menunjuk ke atas, jika ingin menghasilkan logo yang lebih stabil dan menenangkan.

Putar ujung ke bawah untuk logo yang lebih aktif, untuk mengkomunikasikan gerakan dan pergerakan. Kamu juga bisa menggunakan segitiga dalam logo untuk menggantikan huruf ‘A’ dan ‘V’.

Melihat logo Adidas di bawah ini, garis miring membentuk segitiga abstrak yang menciptakan gambar gerakan dan kecepatan, tampak sangat cocok dengan merek dan produk yang ditawarkan.

Arti Bentuk Logo dan Contohnya – Adidas

4. Logo vertikal dan horizontal

Garis dan bentuk vertikal dikaitkan dengan kekuatan, keberanian, dominasi, dan kemajuan. Mereka sering dibentuk secara dinamis untuk membimbing mata dalam arah tertentu.

Contoh logo dengan bentuk ini yang bisa kamu jadikan sebagai referensi ada logo dari SoundCloud dan Cisco.

Arti Bentuk Logo dan Contohnya – Wikimedia Commons

Serangkaian garis vertikal juga dapat membuat mata mengira bahwa bentuk lebih sempit dari pada sebenarnya, sedangkan orientasi horizontal membuat gambar terlihat lebih lebar.

Garis horizontal dikaitkan dengan ketenangan, komunitas, dan kecepatan. IBM menggunakan garis horizontal untuk berkomunikasi tentang kecepatan dan kepercayaan dalam logonya.

Arti Bentuk Logo dan Contohnya – IMB

Spotify, sebuah aplikasi pemutar musik, menggunakan garis horizontal dalam simbol logonya untuk berkomunikasi tentang kecepatan dan konektivitas.

5. Logo organik dan spiral

Bentuk organik mengejutkan dan menarik perhatian dengan bentuknya yang unik. Mereka adalah bentuk-bentuk alami yang mudah dikenali, seperti pohon, api, atau bunga.

Bentuk organik berkomunikasi secara langsung melalui bentuknya, menghadirkan persepsi kolektif untuk menyampaikan pesan.

Contohnya, Patagonia menggunakan lanskap pegunungan sebagai latar belakang untuk logo teksnya. 

Arti Bentuk Logo dan Contohnya – Wikimedia Commons

Pegunungan mengomunikasikan petualangan dan keindahan alam. Bentuk gunung juga efektif untuk mengkomunikasikan bahwa merek ini adalah merek yang menjual perlengkapan outdoor.

Karena terasa “organik”, perusahaan di industri kesehatan, kesejahteraan, dan makanan sering mengadopsi bentuk-bentuk melengkung ini ke dalam logo dan branding keseluruhan mereka.

6. Logo abstrak

Bentuk abstrak bisa menjadi kombinasi dari berbagai bentuk logo untuk menciptakan bentuk yang unik dan asli.

Logo abstrak membuat merek mudah dikenali, unik, dan modern. Tampak cukup serbaguna untuk menyampaikan berbagai makna dan emosi, memberikan merek kebebasan penuh atas apa yang ingin mereka komunikasikan.

Starbucks menggunakan ruang negatif untuk mengukir siren (putri duyung) di dalam lingkaran dan menciptakan bentuk logo abstrak yang menarik dan sangat orisinal.

Arti Bentuk Logo dan Contohnya

Arti Bentuk Logo dan Contohnya – Wikimedia Commons

Bentuk abstrak ideal untuk merek yang ingin menonjol. Merek modern seperti Squarespace dan Slack menggunakan bentuk abstrak untuk menciptakan kehadiran merek yang tak terbantahkan di bidang desain web dan komunikasi.

Itulah penjelasan mengenai arti bentuk logo dan contohnya dalam desain grafis yang wajib kamu ketahui.

1 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page