top of page

Visual Hierarki dalam Desain Poster, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Desain Menonjol

Bagaimana cara menerapkan visual hierarki dalam desain poster? Ketahui langkah-langkahnya secara jelas lewat artikel ini.

Poster merupakan salah satu bentuk desain grafis yang digunakan untuk menyampaikan pesan secara efektif kepada khalayak. 

Desain poster yang baik harus mampu menarik perhatian, mengomunikasikan pesan dengan jelas, dan mempengaruhi penonton untuk melakukan tindakan tertentu.

Salah satu teknik desain grafis yang sangat penting dalam menciptakan desain poster yang efektif adalah dengan menerapkan visual hierarki.

Visual hierarki mengacu pada susunan elemen desain pada poster yang memandu mata penonton untuk melihat informasi yang paling penting terlebih dahulu.

Dalam artikel ini, Sekolah Desain akan membahas tentang visual hierarki dalam desain poster dan bagaimana cara menggunakannya untuk menciptakan desain yang menonjol.

Visual Hierarki dalam Desain Poster

Visual Hierarki dalam Desain Poster – Freepik

Visual hierarki dalam desain poster

1. Pilih titik fokus utama

Titik fokus utama merupakan elemen terpenting dalam desain poster yang menarik perhatian penonton dan memandu mata mereka untuk melihat informasi yang paling penting. Titik fokus utama bisa berupa gambar, teks, atau kombinasi keduanya. Pilih elemen yang paling menonjol dan menarik perhatian penonton.

2. Gunakan ukuran dan warna berbeda

Ukuran dan warna dapat digunakan untuk membedakan elemen penting dari elemen yang kurang penting pada desain poster. Gunakan ukuran dan warna yang lebih besar atau lebih kontras pada elemen yang ingin ditekankan. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan ukuran dan warna yang berbeda, karena bisa mengganggu keselarasan desain.

3. Gunakan hierarki teks

Hierarki teks merujuk pada penggunaan ukuran, tebal, dan jenis huruf yang berbeda untuk menekankan bagian-bagian penting dari pesan. Pilih jenis huruf yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dan gunakan ukuran, tebal, dan jenis huruf yang berbeda untuk membedakan antara elemen yang lebih penting dengan yang kurang penting.

4. Gunakan ruang secara efektif

Penggunaan ruang yang efektif pada desain poster dapat membantu meningkatkan visual hierarki. Berikan ruang yang cukup antara elemen-elemen pada desain poster untuk memastikan bahwa setiap elemen terlihat jelas dan mudah dibaca. Gunakan ruang kosong dengan bijak untuk memisahkan elemen penting dari elemen yang kurang penting.

5. Gunakan kontras untuk menekankan elemen penting

Kontras merupakan perbedaan antara warna dan nilai pada desain poster. Gunakan kontras untuk menekankan elemen penting pada desain poster, seperti judul atau pesan utama. Perbedaan warna dan nilai dapat membantu menonjolkan elemen tersebut dan membuatnya lebih mudah dilihat oleh penonton.

6. Gunakan garis untuk memandu mata

Garis dapat digunakan untuk memandu mata penonton dan membantu mengarahkan perhatian ke elemen yang paling penting pada desain poster. Gunakan garis secara bijak untuk mengarahkan perhatian penonton ke titik fokus utama atau elemen penting lainnya pada desain poster.

Visual Hierarki dalam Desain Poster – Freepik

7. Gunakan konsistensi dalam desain

Konsistensi adalah kunci untuk menciptakan visual hierarki yang kuat pada desain poster. Gunakan konsistensi dalam desain, seperti penggunaan jenis huruf yang sama, warna yang serupa, atau ukuran yang konsisten untuk elemen yang sama. Hal ini akan membantu memudahkan penonton untuk memahami pesan dan struktur desain.

8. Perhatikan komposisi

Komposisi merupakan cara mengatur elemen-elemen pada desain poster. Perhatikan komposisi secara keseluruhan untuk memastikan bahwa elemen-elemen terletak dengan baik dan memiliki keselarasan yang baik. Gunakan teknik seperti aturan sepertiga untuk membantu memperbaiki komposisi desain.

9. Pertimbangkan konteks

Konteks adalah hal yang harus diperhatikan dalam membuat desain poster. Pertimbangkan konteks di mana poster akan digunakan dan siapa yang menjadi target audience. Hal ini akan membantu dalam menentukan jenis informasi yang harus disampaikan dan bagaimana cara mengemasnya.

10. Uji desain kamu

Setelah selesai membuat desain poster, uji desain kamu dengan teman atau orang lain untuk melihat apakah desain poster dapat membawa pesan yang ingin disampaikan dengan jelas dan efektif. Berikan pertanyaan tentang desain poster dan perhatikan apakah pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan jelas.

Visual Hierarki dalam Desain Poster – Freepik

Kesimpulan

Visual Hierarki sangat penting dalam desain poster yang efektif. Dengan menggunakan teknik visual hierarki yang tepat, desain poster kamu akan mampu menarik perhatian penonton, mengomunikasikan pesan dengan jelas, dan mempengaruhi mereka untuk melakukan tindakan tertentu.

Gunakan teknik yang disebutkan di atas untuk menciptakan desain poster yang menonjol dan efektif. Ingatlah untuk mempertimbangkan konteks dan target audiens kamu dalam proses pembuatan desain poster.

Demikianlah informasi soal visual hierarki dalam desain poster yang penting buat diketahui, khususnya oleh para desainer grafis.

54 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page