top of page

10 Tips Desain Agar Tak Terlihat Murahan, Ini Hal yang Wajib Diterapkan

Membuat desain yang bagus dan elegan itu terkadang sulit, maka dari itu ini ada sejumlah tips desain agar tak terlihat murahan yang bisa kamu terapkan.

Desain yang terlihat murahan seringkali menjadi masalah yang dihadapi oleh banyak perusahaan, terutama yang bergerak dalam bidang retail dan e-commerce.

Ketika desain yang dihasilkan terlihat murahan, maka produk atau jasa yang ditawarkan akan kurang diminati oleh konsumen.

Sebaliknya, desain yang terlihat profesional dan menarik akan memberikan kesan yang baik pada konsumen, sehingga meningkatkan daya tarik produk atau jasa tersebut.

Berikut adalah beberapa tips desain agar tidak terlihat murahan, yang bisa kamu ikuti untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

Mempercepat Proses Desain

Tips Desain Agar Tak Terlihat Murahan – Freepik

Tips desain agar tak terlihat murahan

  1. Pertimbangkan kualitas gambar

Kualitas gambar yang digunakan dalam desain sangat penting untuk memberikan kesan yang profesional dan elegan. Gunakan gambar dengan resolusi tinggi, dan pastikan gambar tersebut tidak terlalu berlebihan dalam ukuran dan detail. Jika gambar yang digunakan terlalu kecil atau kabur, maka desain akan terlihat murahan.

  1. Gunakan warna yang tepat

Pemilihan warna yang tepat dapat memberikan kesan yang berbeda pada desain kamu. Warna-warna yang cerah dan mencolok dapat memberikan kesan murahan, sedangkan warna-warna yang lembut dan elegan akan memberikan kesan yang lebih profesional. Cobalah untuk menggunakan warna-warna yang lebih netral dan berkelas, seperti hitam, putih, dan abu-abu.

  1. Perhatikan tipografi

Tipografi yang buruk dapat membuat desain terlihat murahan dan tidak profesional. Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca dan jangan terlalu banyak menggunakan gaya huruf yang berlebihan. Selain itu, pastikan ukuran dan spasi antar huruf cukup sehingga mudah dibaca oleh pembaca.

  1. Hindari over design

Terlalu banyak dekorasi dan elemen desain dapat membuat desain terlihat berlebihan dan murahan. Cobalah untuk menjaga desain kamu tetap sederhana dan elegan. Hindari penggunaan terlalu banyak pola dan bentuk yang tidak teratur. Jika ingin menggunakan dekorasi, gunakan dengan bijak dan sesuai dengan konteks desain.

  1. Gunakan sumber daya yang berkualitas

Jangan ragu untuk menginvestasikan waktu dan uang kamu dalam sumber daya berkualitas, seperti template desain atau software desain yang bagus. Sumber daya berkualitas dapat membantu kamu membuat desain yang lebih profesional dan elegan, serta menghemat waktu dan tenaga.

Tips Desain Agar Tak Terlihat Murahan

Tips Desain Agar Tak Terlihat Murahan – Freepik

  1. Gunakan spasi dengan bijak

Spasi pada desain dapat membantu mengatur elemen dan memperjelas pesan yang ingin disampaikan. Cobalah untuk menggunakan spasi yang cukup antara elemen-elemen pada desain, sehingga tidak terlihat terlalu penuh atau padat. Hindari penggunaan spasi yang terlalu luas atau kosong, karena dapat membuat desain terlihat kurang berisi atau tidak teratur.

  1. Pertimbangkan komposisi dan balance

Komposisi yang baik dan seimbang dapat membuat desain terlihat lebih profesional dan estetis. Cobalah untuk menggunakan prinsip-prinsip desain seperti “rule of thirds” atau “golden ratio” dalam menata elemen desain. Perhatikan juga proporsi antara elemen-elemen pada desain, sehingga tidak terlihat terlalu besar atau kecil dibandingkan elemen lainnya.

  1. Hindari penggunaan efek yang berlebihan

Penggunaan efek seperti bayangan, gradasi, atau efek tekstur dapat memberikan kesan yang menarik pada desain. Namun, penggunaan efek yang berlebihan dapat membuat desain terlihat terlalu “ramai” atau kurang elegan. Gunakan efek dengan bijak dan sesuai dengan konteks desain.

  1. Perhatikan konsistensi dan brand identity

Konsistensi pada desain dapat membantu memperkuat identitas merek atau brand identity. Pastikan desain kamu konsisten dengan identitas merek kamu, seperti penggunaan warna, jenis huruf, atau elemen visual tertentu. Jangan terlalu banyak mengubah tampilan desain secara drastis, karena dapat mengaburkan brand identity yang sudah terbentuk.

  1. Lakukan uji coba dan evaluasi

Setelah membuat desain, lakukan uji coba dan evaluasi terhadap desain tersebut. Tanyakan pendapat orang lain atau kelompok fokus untuk melihat bagaimana desain kamu diterima oleh target audience. Evaluasi juga efektivitas desain dalam mengomunikasikan pesan atau mempromosikan produk atau jasa kamu.

Kekurangan Canva Gratis

Tips Desain Agar Tak Terlihat Murahan – Freepik

Dalam menerapkan tips desain agar tak terlihat murahan, penting untuk memperhatikan aspek-aspek desain yang dapat mempengaruhi kesan keseluruhan desain tersebut.

Dengan menerapkan tips di atas, kamu dapat membuat desain yang lebih profesional, menarik, dan elegan bagi konsumen.

Nah, itulah sejumlah tips desain agar tak terlihat murahan yang bisa kamu terapkan untuk membuat desain yang tampak lebih elegan.



7 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page