top of page

15 Tren Logo 2023, Desainer Grafis Wajib Tahu

Tren logo dengan cepat berubah dari tahun ke tahun. Bagi desainer yang fokus membuat logo, mengetahui tren terkini sangatlah penting.

Itu dilakukan agar bisa menghasilkan karya yang lebih segar dan disukai banyak orang. Seperti biasa memasuki tahun baru akan ada sejumlah tren logo terbaru.

Berikut ini adalah daftar tren logo 2023 yang wajib diketahui.

Tren desain logo untuk pada 2023

  1. Serif with a twist

Tren logo yang diperkirakan akan populer ada serif with a twist. Ciri khas tren ini ditandai dengan desain logo yang menerapkan gaya tipografi yang umum.

Namun, ditambahkan dengan suar di ujung dan sudut huruf. Jadinya, huruf tampak lebih ekspresi, menyenangkan dan riang.


Tren Logo 2023

Tren Logo 2023 – Serif with a twist (Express Adobe)

  1. Ornamental monograms

Ornamental monograms adalah logo yang disimbolkan dengan dekoratif tunggal yang terdiri dari satu hingga tiga huruf.

Pada masa lalu monogram lebih bersifat institusional, tetapi belakangan ini logo klasik diberi putaran ornamen dengan lapisan tambahan.

Kemudian, ditambahkan dengan pemilihan warna yang kontras dan tipografi untuk sentuhan ekspresif.


Tren Logo 2023 – Ornamental monograms (Express Adobe)

  1. Outer and inner space

Tren logo yang satu ini tampak seperti bermain dengan ruang melalui huruf dan persilangan antar keduanya.

Misalnya menghubungkan huruf melalui garis terpandu dan ruang negatif, bisa memberikan struktur dan batasan yang lebih menarik.

Bisa juga memberikan tulang belakang atau jangkar pada logo, atau bahkan garis-garis baru yang menyenangkan. Tren ini membuat tampilan logo yang dihasilkan jadi terkesan minimalis.


Tren Logo 2023 – Outer and inner space (Express Adobe)

  1. Scribbles and sketches

Sesuai namanya, logo yang dibuat mengikuti tren ini tampak tak sempurna dan terlihat seperti sebuah sketsa anak-anak.

Scribbles and sketches dibuat untuk menarik perhatian, dan membangkitkan nostalgia, terutama gaya yang sedang tren di tahun 90-an.

Tren Logo 2023 – Scribbles and sketches (Express Adobe)

  1. Lay it on

Tren logo overlay memungkinkan beberapa elemen desain berlapis bergabung satu sama lain untuk menghasilkan efek dinamis.

Meski setiap logo saling terhubung, elemen masing-masing tetap terlihat dengan jelas. Tren overlay sangat efektif dipadukan dengan bentuk geometris, ditambah dengan transparansi warna.


Tren Logo 2023 – Lay it on (Express Adobe)

  1. Text assortment

Tren logo berbasis teks ini sudah ada sejak tahun lalu dan kini muncul lagi dengan beberapa perombakan.

Adanya perubahan yang dibuat adalah terkait permainan tipografi yang membuat logo jadi lebih menyenangkan dan bervariasi.

Gaya teks mis-and-match ini tak begitu membutuhkan garis bersih dan keseragaman. Jadinya logo akan lebih tampak unik dan sedikit abstrak.

Tren Logo 2023 – Text Assortment (Express Adobe)

  1. Y2K 4ever

Munculnya Y2K 4ever adalah bukti bahwa desainer Gen Z ingin menjadikan tren di masa lalu muncul kembali di masa sekarang.

Y2K atau year 2000 adalah tren yang sempat hits di awal 2000-an. Tren ini menggabungkan gaya retro dan pop, lalu dipadukan dengan kemajuan teknologi.

Jadi, logo yang dihasilkan meski tampak modern tapi tetap memperlihatkan kesan lembut.


Tren Logo 2023 – Y2K 4ever (Express Adobe)

  1. Lock it up: Illustration

Tren minimalis datang dan pergi setiap tahun, tetapi gaya garis tunggal lebih berumur panjang.

Logo dengan gaya garis sederana, gaya pewarnaan blok, dan warna netral akan kembali populer di 2023.

Tren ini walaupun logo yang dihasilkan sederhana, tapi tetap bisa menarik perhatian.

Tren Logo 2023 – Lock it up: Illustration (Express Adobe)

  1. Lower that case

Aksesibilitas adalah kunci dari tren logo pada tahun 2023, dan tren lower that case bisa menggambarkannya dengan baik.

Logo yang dihasilkan akan tampak minimalis dengan huruf-huruf kecil sebagai elemennya.

Dengan munculnya tren ini, berhasil menunjukkan bahwa huruf kecil juga bisa menghasilkan logo yang baik, layaknya membuat logo dengan memanfaatkan huruf besar.


Tren Logo 2023 – Lower that case (Express Adobe)

  1. Lock it up: Text

Tren logo ini ditandai dengan teks yang diubah menjadi sebuah alat ilustrasi.

Ciri khas yang tampak adalah teks populer akan dibentuk membentuk lingkaran, lengkung atau batu nisan.

Kemudian, bagian tengah akan berisi informasi terkait merek.


Tren Logo 2023 – Lock it up: Text (Express Adobe)

  1. Candy-core

Logo yang dibuat dengan tren candy-core akan tampak lebih hidup dan ceria. Layaknya permen, ada banyak warna yang dipilih, jadi terkesan seperti pelangi.

Bentuk hurufnya ada yang melengkung dan bergaris tegas. Mengingatkan akan tren “Chobanicore” pada tahun 2021.


Tren Logo 2023 – Candy-core (Express Adobe)

  1. Dimensional playground

Logo 3D (tiga dimensi) dengan gaya multi dimensi diketahui akan populer di 2023.

Elemen yang ada akan ditambahkan lapisan, teks juga akan dipisahkan, jadi membuatnya tampak dinamis, alih-alih seperti logo yang statis.

  1. Logo mascots

Maskot atau karakter yang menggambarkan image suatu produk atau perusahaan diprediksi akan banyak muncul di dalam logo.

Tren logo mascots sangat luas, mulai dari karakter coret-coretan simpel, bentuk animasi yang indah atau karakter yang digambar dengan garis sederhana pun bisa dijadikan logo.


Tren Logo 2023 – Logo mascots (Express Adobe)

  1. Westward ho!

Sama seperti kebangkitan art nouveau pada 2022, western dan america style juga akan mengalami kebangkitan.

Logo yang dibuat menggunakan gaya retrofuturism untuk mengilustrasikan gaya zaman dulu dengan teknologi saat ini.

Ditambah dengan naiknya popularitas psychedelic pada 2022, kombinasi vintage dan retro bisa menciptakan sesuatu yang benar-benar segar.

Tren Logo 2023 – Westward ho! (Express Adobe)

  1. Hand-drawn

Logo dengan gaya gambaran tangan akan kembali populer di 2023. Tren ini menunjukkan sebuah logo yang terlihat belum selesai dengan cara yang romantis.

Estetika merek dan kepribadian juga bisa tercermin dari gambar yang ada pada logo.


3 tampilan0 komentar

Comentarios


bottom of page