top of page

21 Istilah Desain Grafis Penting (Pemula Harus Tahu)

Sobat Owly sudah tahu berapa istilah desain grafis, nih? Ternyata ada banyak banget lho istilah-istilah yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Memahami istilah atau nama desain grafis tertentu pastinya akan membuat kamu familiar dan cepat belajar. Jadi tentu saja, pemula wajib banget nih membiasakan diri dengan beberapa istilah dalam desain grafis.

Tanpa berlama-lama, langsung aja yuk kita masuk ke pembahasan utama kita. Baca sampai selesai, ya!

Istilah Desain Grafis

  1. White Space White Space adalah ruang kosong dalam sebuah desain. Meski namanya white, tapi ngga harus berwarna putih ya Sobat Owly. White space merupakan prinsip desain yang wajib diperhatikan agar tata letak elemen kita tidak terasa ‘sesak’. Dengan memperhatikan keseimbangan ruang kosong, desian kita pasti akan mudah dipahami oleh audiens.

  2. Negative Space Nah, masih banyak banget nih desianer yang menyalahartikan negative dan white space sebagai hal yang sama. Padahal, negative space memiliki arti yang jauh berbeda dari white space. Jika Sobat Owly pernah melihat ruang kosong pada desain yang kemudian membentuk shape baru, maka itu negative space. Contohnya seperti logo fed ex di bawah ini. Jika diperhatikan dengan seksama, kamu akan menemukan tanda panah tersembunyi yang terbentuk dari ruang kosong antara huruf E dan X.

istilah desain grafis

Istilah Desain Grafis – Negative Space

  1. Lorem Ipsum Desainer pasti sering banget nih melihat kalimat Lorem Ipsum yang memang merupakan sample text pada software, website, atau font.

  1. UI/UX Designer UI/UX design bisa dibilang sebagai salah satu istilah yang sedang hangat diperbincangkan di kalangan desainer. UI merupakan singkatan dari User Interface. Desainer UI mempunyai tugas untuk merancang tampilan sebuah aplikasi atau website. Sedangkan UX Designer (User Experience) berkewajiban untuk memastikan bahwa user memiliki pengalaman yang baik saat menggunakan aplikasi atau website mereka.

  2. Typeface Typeface adalah desain dari sebuah tulisan. Helvetica, Bebas Neue, hingga Poppins adalah beberapa typeface yang populer di kalangan desainer.

  3. Font Banyak juga nih desainer yang susah membedakan antara typeface dan font. Supaya lebih mudah membedakan, typeface adalah nama tulisan, sedangkan font adalah jenis dari tulisan tersebut. Contohnya, Helvetica adalah typeface. Maka helvetica bold atau italic adalah font-nya.

  4. Serif Secara singkat, serif berarti sirip. Lebih tepatnya ini adalah sebutan untuk tulisan yang hurufnya memiliki sirip. Contoh typeface serif paling familiar bagi kita adalah Times New Roman. Dibawah ini adalah gambaran typeface serif.

Istilah Desain Grafis

Istilah Desain Grafis – Serif

  1. Sans Serif Dalam bahasa perancis, sans berarti tanpa. Sans Serif merupakan jenis typeface yang tidak memiliki sirip. Biasanya typeface dengan jenis sans serif lebih banyak digunakan untuk teks pada media sosial atau internet.

  2. Slab Serif Typeface dengan tipe slab serif biasanya memiliki ciri bentuk hurufnya yang bersirip dan cenderung tebal. Untuk penjelasan slab serif yang lebih mendalam, kamu bisa kunjungi artikel ini ya.

  3. Color Wheel Color wheel adalah sebuah lingkaran yang biasanya digunakan desainer untuk menentukan skema warna. Ada banyak sekali macam skema pemilihan warna yang bisa membantu kalian dalam memadukan warna yang harmonis.

Baca Selengkapnya Teori Warna Color Wheel
  1. Hex Biasanya desainer kode berupa angka untuk warna yang mereka gunakan. Nah kode ini disebut dengan Hex atau Hexadecimal value. Kode hex ini membantu para desainer untuk membedakan warna yang satu dengan yang lainnya.

  2. Hue Dalam dunia desain, warna disebut dengan hue. Hue adalah bentuk pure dari suatu warna. Lebih jelasnya lagi, Merah, Kuning, Biru, Hijau, dsb adalah Hue.

  3. Tints Tints adalah sebutan untuk warna yang sudah ditambahkan warna putih. Contohnya seperti pink dan warna campuran lainnya.

  4. Tones Selanjutnya ada tones. Tones merupakan hue yang sudah dicampur dengan warna abu-abu.

  5. Shades Dalam istilah warna, ada juga yang disebut dengan shades. Shades adalah warna yang sudah ditambahkan warna hitam.

  6. Monochrome Berbeda dengan yang banyak diyakini orang, monochrome sebenarnya bukan warna hitam putih lho Sobat Owly. Mono sendiri berarti satu, sedangkan chrome adalah nama lain dari warna. Nah, warna monochrome sendiri biasanya didapat dari gabungan Hue, tints, tones, dan shades dari suatu warna.

istilah desain grafis

Istilah Desain Grafis – monochrome

  1. Pallete Biasanya desainer membuat pallete warna mereka sendiri sebelum mulai mendesain. Kamu bisa membuat pallete warna dengan bantuan color wheel. Atau kamu bisa menggunakan cara instan dari website yang menyediakan fitur ekstrak pallete warna. Website favorit Owly sih color.adobe Kamu bahkan bisa membuat pallete dari foto favoritmu.

  2. RGB RGB adalah singkatan dari Red Green Blue. Sistem warna RGB sendiri memang menggunakan percampuran warna Merah, Hijau, dan Biru untuk menghasilkan susunan warna. Sistem warna RGB sendiri biasanya kita lihat di televisi, digital kamera, komputer, hingga telepon genggam. Kebanyakn software desain juga menggunakan RGB sebagai sistem default warna mereka.

  3. CMYK Sebaliknya, CMYK adalah sistem warna yang biasanya digunakan di percetakan. CMYK sendiri merupakan singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black.

istilah desain grafis

istilah desain grafis – CMYK

  1. Kerning Kerning adalah proses mengatur jarak antar huruf pada teks yang ada di desain kalian. Biasanya kerning diatur supaya desain kita jadi lebih enak dilihat.

  2. Flat Desain Flat Desain adalah jenis atau nama desain grafis dan illustrasi yang memiliki ciri desain yang lebih simpel dari ilustrasi lainnya. Flat Desain banyak digunakan untuk desain infografis, ikon, hingga desain website atau aplikasi. Flat Desian juga merupakan salah satu contoh desain grafis yang banyak digemari sampai saat ini.

Kesimpulan

Nah itu tadi adalah beberapa istilah desain grafis yang penting banget untuk kalian tahu nih Sobat Owly.

Mulai dari jenis atau nama desian tertentu hingga istilah kecil lainnya, semua ini tentunya akan membantu kamu untuk berkomunikasi dengan desainer lain. Terima kasih sudah membaca sampai selesai dan sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!

1 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page