top of page

4 Cara Menentukan Harga Desain Grafis (Anti Rugi)

Menentukan harga desain grafis memang bukan hal yang mudah. Terlebih buat Sobat owly yang masih pemula dalam dunia jasa desain freelance. Awalnya kalian pasti takut menentukan harga yang mahal, tapi juga ngga rela kalau desain kalian dihargai terlalu murah!

Eits jangan panik dulu! Bukan Owly kalau ngga bawa solusi. Di artikel kali ini Owly bakal kasih tau kalian tentang beberapa cara yang bisa dilakuin buat nentuin harga desain.

Mulai dari menentukan harga jasa desain illustrasi sampai harga desain logo pemula, kita akan bahas rumusnya disini. Jadi, baca sampai selesai supaya kamu ngga rugi atau bikin klien lari, ya!

Cara Menentukan Harga Desain Grafis

Sebenarnya, ngga ada teori pasti nih untuk mentukan harga jasa desain freelance kalian. Tapi, Owly punya beberapa cara yang bisa kalian gunakan saat bernegosiasi harga dengan klien. Langsung kita bahas yuk!

  1. Cost to Price Cara pertama untuk menentukan harga desain grafis kalian adalah dengan menggunakan rumus cost to price. Pada dasarnya, rumus ini sendiri menggunakan perhitungan cost (uang yang kalian keluarkan) untuk menentukan harga. Semakin besar cost yang dikeluarkan, semakin mahal juga harga yang harus kalian pasang. Sebagai contoh, kalian bisa memasukkan biaya listrik, biaya akomodasi dan semua yang kalian keluarkan untuk membuat project ini. Oiya, jangan lupa masukkan juga berapa persen keuntungan yang ingin kalian dapat sebelum menentukan harganya ya.


menentukan harga desain grafis

menentukan harga desain grafis – cost to price

  1. Harga Pasar Melihat harga pasar adalah salah satu cara untuk menentukan harga desain kalian. Sebelum melakukan negosiasi dengan klien, kalian bisa nih melakukan riset kecil-kecilan tentang range harga desain logo pemula misalnya. Jangan lupa juga untuk menambahkan berapa keuntungan yang ingin kalian dapat supaya tidak rugi. Riset ini sendiri bisa kalian lakukan melalui banyak medium. Bisa dengan melihat range harga yang ditawarkan freelance desainer di sebuah website atau bisa juga dengan melihat bisnis yang teman sesama desainer kalian lakukan.


menentukan harga desain grafis

menentukan harga desain grafis – harga pasar

  1. Based on Value Cara menentukan harga desain grafis selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan value. Value yang dimaksud disini adalah nilai lebih kalian sebagai desainer grafis. Value sendiri bisa berupa jam terbang, style, keunikan, klien apa yang pernah bekerja sama dengan kamu, sampai kecepatan pengerjaan. Sebagai contoh, harga desain logo yang ditangani oleh Rio Purba pasti akan jauh berbeda dengan harga desain logo pemula, kan? Yups. Itu karena Rio Purba memiliki value yang lebih dari desainer-desainer lainnya. Eits, tapi jangan khawatir. Meskipun masih pemula, bukan berarti kamu ngga bisa punya value lebih lho. Kamu bisa menonjolkan keunikan dan kecepatan pengerjaan sebagai nilai plus.


menentukan harga desain grafis

menentukan harga desain grafis – based on value

  1. Perhitungan UMR Supaya kamu ngga rugi, kamu bisa banget nih menentukan harga desain grafis dengan perhitungan UMR. Gimana sih cara hitungnya? Simpelnya gini. Cari tahu berapa UMR yang ada di daerah kalian. Lalu buatlah perkiraan setidaknya berapa klien yang akan kalian dapatkan dalam 1 bulan. Nah, kalau sudah, bagi UMR-nya dengan jumlah perkiraan klien. Maka itu akan jadi harga yang bisa kalian tawarkan di setiap project. Perhitungan ini sangat Owly sarankan untuk dilakukan karena ini paling minim kerugian di pihak kalian. Kalian juga bisa memenuhi kebutuhan hidup kalian dari jasa desain yang kalian tawarkan. Ini juga bisa jadi senjata untuk memberi pengertian ke klien jika mereka mengeluh harga terlalu mahal.


menentukan harga desain grafis

menentukan harga desain grafis – perhitungan UMR

Bagaimana Cara Menghitung Harga Desain untuk Studio Desain/Tim?

Dewasa ini, banyak banget desainer yang tidak bekerja sendiri. Memiliki tim desain atau studio desain memang menyenangkan, tapi itu juga membuat perhitungan harga jadi cukup sulit. Sebab kita harus memikirkan kesejahteraan anggota kita.

Kebetulan kita ada nih satu kelas yang cocok banget untuk memecahkan permasalahan kalian. Di kelas ini bahkan akan kita bahas suatu rumus tertentu untuk menghitung harga desain.

Kelas ini juga cocok banget buat desainer pemula yang ingin serius di dunia desain tapi bingung harus mulai darimana. Bersama mentor, kamu akan belajar mulai dari teori desain, anatomi poster, hingga cara menjadi profesional di dunia kerja.


Kesimpulan

Gimana Sobat Owly? Kalian udah pernah cobain salah satu rumus di atas belum? Kalau belum, semoga artikel kali ini bisa membantu kalian untuk menentukan harga desain grafis, ya!

Membangun karier jasa desain freelance memang bukan hal yang mudah. Tapi jika kalian terus berusaha meningkatkan skill dan belajar bisnis, bukan tidak mungkin bahwa desain akan jadi mata pencaharian utama kalian.

Simak artikel-artikel kita selanjutnya untuk dapat informasi gratis tentang dunia desain ya. Terima kasih sudah membaca dan selamat berkarya, ya!


IKUT BOOTCAMP AUTO DAPAT PROJEKAN


Baca Juga Artikel Lainnya!

2 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page