top of page

5 Arti Bentuk Dalam Desain, Geometri hingga Abstrak

Dalam dunia desain, bentuk sebuah karya bukan hanya sekedar untuk memperindah visual, tapi juga memiliki arti yang ingin disampaikan oleh desainer kepada audiens secara nonverbal.

Misalnya logo bentuk geometri (persegi, lingkaran, segitiga) itu punya arti yang berbeda, jadi tak boleh sembarangan dalam mengaplikasikannya.

Agar sebuah karya tak di salah artikan, maka desainer wajib mengetahui bahasa bentuk atau psikologi bentuk.

Untuk memastikan bentuk yang digunakan sesuai dengan psikologi bentuk dan mudah dipahami audiens, berikut Sekolah Desain akan menjelaskan arti bentuk dalam desain.

Daftar arti bentuk dalam desain

  1. Persegi

Persegi merupakan bentuk yang sering dilihat oleh banyak orang. Persegi atau kotak juga punya saudara yakni persegi panjang.

Saat melihat bentuk ini mengingatkan kita akan gedung pencakar langit ataupun kardus. Karakter yang terpancar dari bentuk yang satu ini adalah kuat tak bergerak.

Makannya bisa dijadikan sebagai simbol keandalan dan ketegasan.


Arti bentuk dalam desain – Persegi (Freepik)

Arti persegi dalam desain

Stabilitas Kekakuan Berat Keandalan Kekuatan Keseriusan

  1. Lingkaran

Bentuk umum lainnya yang sering dilihat adalah lingkaran, kebalikan dari persegi, bentuk yang satu ini tampak selalu bergerak. Melihat lingkaran mengingatkan kita akan roda atau bola.

Lingkaran tidak punya bentuk tajam pada bagian sisinya, sehingga terlihat ramah dan menyenangkan. Umumnya dalam desain bentuk ini identik dengan anak-anak.

Meskipun demikian, lingkaran tidak hanya bisa menggambarkan sebuah ketidakdewasaan, tapi juga punya arti sebagai awal atau akhir.

Hal tersebut membuat lingkaran kerap dikaitkan dengan konsep luhur seperti keabadian atau siklus berulang, contohnya adalah terbit dan terbenamnya matahari.


arti bentuk dalam desain


Bentuk Lingkaran – Freepik

Arti lingkaran dalam desain

Keringanan Kebahagiaan Kelembutan Kepolosan Pergerakan Ketakterbatasan

  1. Segitiga

Meskipun segitiga bukan satu-satunya bentuk yang memiliki titik dan sudut, ada sesuatu yang terasa sangat tajam pada tepi segitiga.

Saat melihat segitiga terkadang mengingatkan kita terhadap ujung tombak yang tajam atau deretan gigi hiu.

Segitiga kebanyakan digunakan untuk menyiratkan bahaya atau juga bisa disimbolkan untuk petunjuk seperti pada kompas.

Diketahui juga ada banyak bangunan kuno yang punya bentuk segitiga, misalnya Pyramid di Mesir.

Pembangunan bangunan bentuk segitiga punya makna untuk menjangkau ke arah langit (surga). Pada akhirnya segitiga juga memberikan aura bimbingan ilahi.

Makna segitiga bisa berbeda-beda tergantung dari konteksnya.


arti bentuk dalam desain segitiga


Bentuk segitiga – Freepik

Arti segitiga dalam desain

Ketajaman Bahaya Panduan Keilahian Keseimbangan

  1. Bentuk Organik

Bentuk organik atau bentuk alami dalam desain kerap diasosiasikan dengan alam. Dengan kata lain, bentuk organik sering terlihat mirip dengan hal-hal yang ditemukan di alam, seperti tumbuhan, hewan, dan batu.

Bentuknya dicirikan dengan garis melengkung dan kurang simetri. Tidak seperti bentuk geometris, bentuk organik terlihat kurang padat dan presisinya tanpa sudut kaku atau garis lurus.

Bentuk organik punya arti yang beragam tergantung bentuk yang yang dipilih. Contohnya adalah gelombang dalam desain bisa diasosiasikan dengan kebebasan dan aliran.

Sementara jika menggunakan bentuk daun atau bunga, lebih menggambarkan suasana alam dan kelembutan.


arti bentuk dalam desain


Bentuk Organik – Freepik

Arti bentuk organik dalam desain

Kebebasan Alam Mengalir Halus Ketidakpastian

  1. Bentuk Abstrak

Saat mendengar bentuk abstrak, kebanyakan akan berpikir tentang seni abstrak dengan bentuk melengkung atau garis yang tidak beraturan.

Sebenarnya itu merupakan kesalahan yang dilakukan banyak orang, karena bentuk abstrak bahkan seni abstrak semuanya adalah tentang interpretasi.

Bentuk abstrak bisa berasal dari pengetahuan eksternal sebabnya sangat bervariasi. Misal bentuk salib dibeberapa budaya biasa digunakan sebagai simbol empat musim, sedangkan di budaya lainnya adalah simbol keagamaan.

Bentuk Abstrak – Freepik

4 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page