top of page

5 Cara Tingkatkan Selera Desain buat Hasilkan Karya Bagus

Buat kamu yang merasa desain yang dibuat tak terasa kurang oke, wajib menyimak sejumlah cara tingkatkan selera desain buat hasilkan karya bagus, berikut ini.

Dalam membuat sebuah desain yang bagus itu bukan hanya soal skill yang dibutuhkan, tetapi selera dan hal lainnya juga ikut andil.

Sebagai seorang desainer, kamu tak hanya bisa hanya membuat desain yang itu-itu saja dan terkesan kuno.

Penting bagi desainer untuk mengembangkan minat terhadap desain dengan berbagai cara. Semakin tinggi wawasan kamu maka hasil desain juga makin berkembang.

Untuk bisa membuat karya yang lebih baik dan keren, kamu wajib tahu cara tingkatkan selera desain buat hasilkan karya bagus berikut ini, dikutip dari Dribble.com.

Website Belajar Desain Interior Gratis

Cara Tingkatkan Selera Desain buat Hasilkan Karya Bagus – Freepik

Cara tingkatkan selera desain buat hasilkan karya bagus

  1. Carilah inspirasi

Saat mendesain situs web, masuk akal untuk melihat situs web lain untuk mendapatkan inspirasi bukan.

Dan, hal itu juga berlaku saat kamu akan membuat desain lainnya. Sebelum mulai bekerja, baiknya mencari inspirasi dulu agar desainmu tidak monoton.

Di zaman yang sudah semakin maju, kamu bisa dengan mudah mencari inspirasi dari sosial media atau website desain.

Selain itu, juga bisa melihat majalah untuk inspirasi tata letak atau lukisan untuk ide palet warna.

  1. Pelajari prinsip-prinsip desain

Prinsip-prinsip desain didefinisikan pada akhir abad ke-19 dan menjadi lebih umum dipraktikkan pada pertengahan abad ke-20.

Walaupun terkadang tanpa tahu prinsip desain kamu bisa membuat karya yang bagus, tetapi tetap akan sangat membantu ketika kamu sudah paham soal prinsip-prinsip dalam desain.

Prinsip-prinsip desain memanfaatkan psikologi perilaku pengguna untuk memengaruhi cara mereka berinteraksi dengan desain.

Bisa memengaruhi apa yang dianggap paling penting oleh pengguna, elemen mana yang berinteraksi dengan mereka terlebih dahulu, dan bahkan seberapa besar kemungkinan mereka melakukan pembelian.

Cara Tingkatkan Selera Desain buat Hasilkan Karya Bagus

Cara Tingkatkan Selera Desain buat Hasilkan Karya Bagus – Freepik

  1. Break down desain lain

Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan minat kamu terhadap desain, adalah dengan menghabiskan waktu untuk mem-break down atau menganalisis desain lain.

Misal saat menemukan situs web yang kamu sukai, cobalah untuk meluangkan beberapa menit untuk menganalisis bagaimana situs web itu bekerja dengan baik.

Perhatikan palet warnanya, desain interaksinya, Tipografi yang dipilih, dan cari tahu secara spesifik bagaimana elemen-elemen ini berhubungan satu sama lain.

Hal yang sama juga berlaku saat kamu menemukan desain yang kamu tak sukai. Break down secara keseluruhan, kenapa kamu membecinya.

Mencari tahu mengapa kamu menyukai atau tidak menyukai suatu desain sangat penting untuk mengembangkan selera dan gaya.

  1. Perhatikan detailnya

Apa perbedaan antara desain yang bagus dan kurang bagus? Kamu wajib memperhatikan detailnya.

Saat kamu melihat karya desainer lain, perhatikan detail desain mereka. Sesuatu yang sederhana seperti sudut membulat atau font yang sedikit lebih besar dapat berdampak besar pada tampilan desain.

Jika ingin benar-benar mengasah mata untuk desain, pastikan kamu memperhatikan detail desain yang ditemui, bukan hanya tampilan secara keseluruhan.

Detail itulah yang kadang tak kamu sadari malah bisa membuat sebuah desain menjadi semakin keren dan menyatu dengan baik.

Cara Tingkatkan Selera Desain buat Hasilkan Karya Bagus – Freepik

  1. Amati segala sesuatu di sekitar melalui lensa desain

Dunia dipenuhi dengan desain, baik disengaja maupun tidak. Mulailah memperhatikan semua itu.

Lihatlah desain paket, papan nama, dan semua hal lain yang kamu temui dengan pandangan kritis.

Lihat apakah kamu bisa membedakan mengapa segala sesuatu dirancang seperti itu. Jangan lupa juga untuk memperhatikan hal-hal yang tidak dirancang, seperti elemen alam.

Melihat bentuk daun, pola tetesan air hujan, atau bentuk kepingan salju, semuanya bisa menjadi cara mengasah mata kamu untuk melihat dunia di sekitar melalui lensa desain.

Demikianlah sejumlah cara tingkatkan selera desain buat hasilkan karya yang bagus. Selamat mencoba.

19 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page