top of page

5 Font Bersejarah Warisan Dunia Desain yang Wajib Kamu Tahu

Apa saja font bersejarah warisan dunia desain yang wajib kamu tahu, berikut daftarnya dan kombinasi yang cocok dipakai secara bersamaan.

Di antara banyaknya font di dunia saat ini, beberapa font itu lebih mudah untuk dikenali dan diingat oleh orang-orang.

Font-font yang mudah dikenali itu biasanya populer dan bersejarah. Makanya orang-orang lebih mudah untuk mengingatnya.

Berikut ini Sekolah Desain telah menyusun lima font bersejarah warisan dunia desain yang wajib kamu ketahui, lengkap dengan kombinasi font lain yang cocok.

  1. Helvetica

Saking bersejarah dan populernya font ini, ada juga film dengan judul Helvetica yang bisa kamu tonton di Netflix.

Helvetica dirancang oleh dua desainer bernama Max Miedinger dan Eduard Hoffmann pada 1957.

Ciri khas font ini ada pada tingginya yang seragam dan jarak antar hurufnya yang rapat. Lantaran kepopulerannya, banyak perusahaan besar yang memakai font ini.

Merek terkenal yang memakai font Helvetica di antaranya adalah Behance, BMW, Motorola, Tupperware, dan masih banyak lagi lainnya.

Kombinasi font Helvetica

Kamu bisa memasangkan Helvetica dengan Bodoni untuk menambah kontras, Georgia untuk suasana klasik, dan Raleway untuk tampilan yang lebih modern.


Font Bersejarah Warisan Dunia Desain

Font Bersejarah Warisan Dunia Desain – Behance

  1. Times New Roman

Font Times New Roman dibuat oleh dua desainer juga seperti Times New Roman, mereka adalah Stanley Morison dan Victor Lardent.

Umumnya font yang dirilis pada 1932 ini digunakan untuk pembuatan makalah, presentasi, koran, dan hal-hal lainnya yang bersifat formal. Dianggap sebagai font bersejarah karena selama lebih dari 40 tahun, surat kabar memakai font ini.

Meski sudah berusia hampir 100 tahun, Times New Roman masih sangat populer hingga saat ini dan menjadi ikon Tipografi elegan dan klasik.

Kombinasi Times New Roman

Bisa dipandukan dengan font Arial, Helios, Avenir, dan jenis font lainnya yang serupa untuk mendapatkan kombinasi klasik dan modern.


Font Bersejarah Warisan Dunia Desain – Behance

  1. Arial

Berikutnya ada Arial yang punya gaya neo-grotesque, yang disertakan di semua versi Microsoft Windows, macOS Apple, dan aplikasi lainnya.

Arial dibuat oleh desainer Robin Nicholas dan Patricia Saunders, lalu mereka merilisnya pada 1982.

Sebagai salah satu Tipografi paling serbaguna, Arial dapat digunakan dalam iklan, majalah, laporan, poster, dan logo.

Ciri khas Arial itu terletak di bentuk hurufnya yang punya lengkungan lembut. Sekilas Arial sangat mirip dengan Helvetica, sehingga kedua font tersebut sering digunakan sebagai pengganti.

Merek terkenal juga banyak memakai font ini untuk konten mereka, seperti Twitter dan Google.


Font Bersejarah Warisan Dunia Desain – Commons Wikimedia

Kombinasi Arial

Jika ingin memasangkan Ariel dengan font lain, kamu bisa memilih Helvetica, Georgia, Verdana, dan Oswald.

4. Futura

Font yang dirilis pada 1927 ini, terkenal dengan bentuk geometrisnya, huruf yang padat, dan guratan yang hampir rata.

Sang desainer Paul Renner percaya bahwa font modern itu seharusnya tidak terpengaruh dengan desain lama, tapi bisa menciptkan ciri khas yang baru.

Sebagai salah satu font bersejarah warisan desain yang terkenal sudah ada banyak merek dunia yang memakai Futura untuk desain logonya. Ada IKEA, Volkswagen, Crayola, dan Absolut.

Selain itu, di sejumlah video game dan poster film seperti Gone Girl dan Interstellar, mereka juga memakai Futura sebagai font utama.

Kombinasi Futura

Futura bagus dipasangkan dengan Lato, yang mewakili stabilitas, Open Sans untuk situs web dan desain seluler, bisa juga kamu padukan dengan Helvetica.


Font Bersejarah Warisan Dunia Desain – Commons Wikimedia

5. Comic Sans

Rasanya tak lengkap apabila tak memasukan font Comic Sans dalam daftar ini. Font ini sangat populer dan banyak dipakai oleh desainer maupun non-desainer.

Comic Sans dibuat oleh desainer Vincent Connare pada 1994, karena dia menganggap Times New Roman tidak pantas untuk dipakai sebagai teks buat kartun.

Font ini memang diterima dengan sangat baik oleh orang-orang, tetapi banyak juga yang mengeritiknya, kerena terlalu sering dipakai dalam karya desain yang tak tepat.

Padahal, Comic Sans dibuat untuk mendesain sesuatu yang bersifat ceria dan kekanak-kanakan, tetapi malah banyak dipakai untuk desain website, buku, logo, iklan, presentasi, bahkan pengumuman lift.

Kombinasi Comic Sans

Kamu bisa memadukan font ini dengan Ubuntu untuk menambah kesederhanaan, dan Tiempos Text atau Maven Pro untuk kontras yang lebih baik.


Font Bersejarah Warisan Dunia Desain – Commons Wikimedia

Nah, itulah lima font bersejarah warisan dunia desain yang wajib kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

30 tampilan0 komentar

Comentarii


bottom of page