top of page

5 Jenis Logo dan Contohnya

Simak yuk 6 jenis logo dan contohnya yang wajib banget untuk diketahui oleh seorang desainer logo. Jangan sampai nih, kalian punya keinginan untuk jadi desainer logo sukses tapi jenis-jenisnya aja ngga tahu.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mulai dari contoh logo abstrak hingga pictorial mark logo. Owly juga bakal bahas langsung logo mana aja yang cocok untuk kebutuhan klien kalian.

Penasaran apa aja macam-macam logo yang ada? Yuk langsung saja kita meluncur ke pembahasan utama.

Jenis Logo dan Contohnya

  1. Logo Lettermark atau Monogram

jenis logo dan contohnya

Jenis Logo dan Contohnya – Lettermark

Jenis logo pertama adalah logo lettermark atau monogram. Logo lettermark adalah logo yang menggunakan tipografi. Biasanya terdiri dari beberapa huruf yang merupakan singkatan dari bisnis atau perusahaanmu.

Contoh dari logo lettermark ini sendiri bisa kalian lihat dari logo KAI di atas. KAI sendiri merupakan singkatan dari Kereta Api Indonesia. Nah karena terlalu panjang jika dijadikan logo, maka KAI menggunakan jenis logo lettermark sebagai solusinya. Contoh lain adalah logo BBC dan NASA.

Logo ini cocok banget digunakan kalau nama bisnis atau perusahaanmu itu panjang dan tapi kamu tetep pengen orang bisa mengingatnya sekali lihat. 

  1. Logo Wordmarks

jenis logo dan contohnya

jenis logo dan contohnya – logo wordmarks

Jenis logo yang kedua adalah logo wordmarks. Meski sama-sama menggunakan huruf, tapi logo ini biasanya digunakan untuk perusahaan atau bisnis yang namanya unik, singkat, dan gampang diingat.

Cukup mengkombinasikannya dengan typeface yang kuat, logo bisnismu bakal punya ciri khas tanpa perlu aksen lainnya. Contohnya adalah logo Coca Cola seperti yang terlihat di atas. Nah, beberapa logo lain yang berjenis wordmarks adalah Fedex dan juga ford.

  1. Logo Pictoral

jenis logo dan contohnya

jenis logo dan contohnya – logo pictoral

Jenis logo yang ketiga ada pictoral. Dengan jenis logo ini Kamu bisa membuat logo dengan icon atau gambar tertentu.  Kamu bisa meniru Apple yang menggunakan icon buah apel secara harfiah untuk logonya.

Atau bisa juga mengikuti jalan co-founder Snapchat yang memilih logo hantu untuk aplikasinya dengan filosofi bahwa Gambar di media sosial tersebut akan menghilang setelah beberapa saat dilihat layaknya hantu. 

Jenis logo ini cocok banget buat kalian yang pengen punya logo yang unik dan beda dari yang lain.

  1. Logo Abstrak

jenis logo dan contohnya

jenis logo dan contohnya – logo abstrak

Ingat logo Nike dan Adidas? Kedua perusahaan tersebut menggunakan logo jenis abstrak. Biasanya, suatu perusahaan akan memberi meaning baru pada sebuah icon atau gambar yang sejalan dengan visi mereka.

Contohnya Adidas yang menggunakan logo tiga garis paralel yang melambangkan tanjakan atau tantangan yang ada di depan. Contoh lain dari logo abstrak adalah logo pepsi seperti yang terlihat di atas ya Sobat Owly.

  1.  Logo System 

Kini banyak perusahaan yang mulai bereksperimen meninggalkan logo statis dan beralih ke strategi Logo System. Apa sih logo System itu? Coba perhatikan deh logo Google pada search bar mereka yang selalu berubah-ubah mengikuti momen atau event penting.

Meski unik dan terlihat segar, namun jenis logo ini tidak disarankan untuk digunakan kalau bisnis atau perusahaan kalian masih merintis.

Kesimpulan

Itu tadi adalah beberapa jenis logo dan contohnya yang wajib banget kalian tau sebelum terjun ke dunia logo. Setiap logo punya keunggulan dan fungsinya masing-masing nih Sobat Owly. Jadi pilih logo yang paling sesuai untuk kebetuhanmu atau bisnis klien-mu ya!

Sekian untuk pembahasan jenis-jenis logonya. Terima kasih sudah mampir dan membaca. Semangat berkarya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!

Baca Juga Artikel Lainnya

25 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page