top of page

5 Jenis Simbol Logo dalam Desain Grafis, Ada Hewan hingga Emblem

Apa saja jenis simbol logo dalam desain grafis? Berikut ini detailnya, ternyata ada banyak mulai dari hewan hingga emblem.

Simbol yang ada di logo sebuah merek itu memang tak harus selalu ada. Seperti yang kamu tahu ada logo bagus yang hanya menggunakan teks.

Meski begitu ada kalanya sebuah logo akan makin keren dan menarik saat kamu menambahkan simbol yang disesuaikan dengan identitas merek.

Melansir dari Looka.com, berikut ini jenis-jenis simbol logo dalam desain grafis yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga 4 Jenis Font Logo dalam Desain Grafis, Harus Tahu Sebelum Membuat Logo

Jenis simbol logo dalam desain grafis

  1. Simbol logo hewan

Hewan memanfaatkan struktur insting yang dalam di otak, memberi mereka kesegeraan yang hampir tidak memerlukan bentuk abstrak.

Misalnya seperti logo minuman berenergi Red Bull, yang menggunakan simbol hewan untuk menyampaikan pesan merek yang kuat dan mengacu pada sejarah lokal.

Red Bull merupakan sebuah logo dengan simbol hewan yang sangat bagus untuk kamu jadikan inspirasi.

Jika saja Red Bull tak memakai dua Banteng yang saling beradu untuk menyempurnakan logo mereka, tapi malah menggunakan teks, maka pesannya bisa jadi tak tersampaikan dengan baik kepada audiens.

Jenis Simbol Logo dalam Desain Grafis

Jenis Simbol Logo dalam Desain Grafis – Red Bull

  1. Simbol logo maskot

Berikutnya ada logo maskot yang juga bagus untuk menciptakan identitas merek yang unik dan khas.

Logo maskot juga bisa menciptakan hubungan pribadi yang kuat, membuat sebuah merek terasa manusiawi, karena bisa menyuntikkan kisah kehidupan hingga tradisi.

Contohnya adalah logo tim basket profesional Amerika Serikat (AS) bernama Boston Celtics. Tim tersebut punya maskot bernama Lucky the Leprechaun, yang mengedipkan mata.

Inspirasi logo tersebut datang dari warisan bangsa Irlandia dan Lucky the Leprechaun itu merujuk pada populasi orang Irlandia yang secara historis cukup banyak di Boston.

Jenis Simbol Logo dalam Desain Grafis – Boston Celtics

Baca Juga 8 Jenis Lisensi Font yang Wajib Diketahui Agar Tak Kena Tuntut dan Denda
  1. Simbol logo abstrak dan ikon

Logo dengan simbol abstrak atau ikon, paling umum ditemui di lingkungan sekitar.

Dari daftar bentuk dan objek yang tak terbatas yang dapat kamu pilih untuk mewakili merek, simbol logo abstrak diketahui bisa menangkap beberapa aspek inti dari sebuah merek.

Jika kamu melihat logo Tinder, simbol yang dipakai diambil dari api tetapi diberikan sedikit sentuhan abstrak.

Logonya memang terlihat simpel untuk sebuah aplikasi kencan, tetapi tetap bisa menangkap pengalaman pengguna dengan baik.

Jenis Simbol Logo dalam Desain Grafis – Tinder

Contoh lainnya, seperti logo PlayStation dan Airbnb yang berbentuk monogram. Dua logo tersebut diberikan sentuhan abstrak, yang membuatnya makin menarik.

Simbol logo abstrak atau ikon adalah cara yang fleksibel untuk menangkap ide spesifik tentang merek, sekaligus menyisakan ruang untuk interpretasi audiens.

Jenis Simbol Logo dalam Desain Grafis – Play Station dan Airbnb

  1. Simbol logo interaktif

Secara umum, kamu bisa membuat pasangan simbol logo dengan dua cara statis dan dinamis, simak penjelasannya di bawah ini.

Jika ingin menghasilkan logo yang statis bisa melibatkan pemosisian simbol logo di sebelah teks, seperti logo Zapier di bawah ini.

Jenis Simbol Logo dalam Desain Grafis – Zapier

Kemudian, untuk menciptakan logo yang dinamis antara simbol dan teks, coba berikan sentuhan interaksi langsung, seperti logo Amazon berikut ini.

Sementara untuk membuat simbol logo interaktif memang sedikit lebih sulit untuk dilakukan.

Namun, bukan berarti tak bisa, contoh merek yang berhasil melakukannya ada Amazon yang bisa kamu lihat logonya seperti senyuman ramah.

Jenis Simbol Logo dalam Desain Grafis – Amazon

Senyuman tersebut merupakan representasi dari janji merek, yakni mereka menjual barang dari A sampai Z. Tampak cerdas bukan?.

Untuk menciptakan simbol logo yang interaktif, kamu harus melihat apakah merek cukup terkenal dan bisa dikenali konsumen hanya dengan simbol.

Kedua, jika kamu memilih opsi berpasangan, apakah simbol bekerja dengan baik dengan teks logo?. Nah, itulah tips yang bisa diberikan.

Baca Juga Ini 5 Logo Termurah dalam Sejarah dari Merek Terkenal Dunia
  1. Crests, trademarks, dan emblem

Setelah proses desain ulang tahun 2014, perusahaan rum swasta terbesar di dunia, Bacardi mengeluarkan simbol logo vintage yang edgy. Membuat logonya makin sempurna dengan merek.

Dengan melakukan re-desain logo yang sudah menjadi sebuah warisan selama satu abad, logo Bacardi seakan membawa pemirsa kembali ke jalanan berdebu pada 1862 di Santiago de Cuba.

Jenis Simbol Logo dalam Desain Grafis – Bacardi

Simbol logo mobil seperti Porsche, Lamborghini, dan Ferrari semuanya memiliki emblem, yang diambil dari sejarah keluarga, terlebih posisinya sebagai produsen mobil mewah.

Emblem tersebut dijadikan sebuah logo untuk menunjukkan bahwa produk memiliki nilai sejarah yang tinggi, selain itu juga untuk menunjukkan sebuah kualitas dan kemewahan.

Jenis Simbol Logo dalam Desain Grafis – Lamborgini

Jadi, bisa disimpulkan bahwa adanya crests (lambang), trademarks, dan emblem bisa menceritakan kedalaman karakter dan sejarah dari sebuah merek.

Bisa juga dijadikan cara yang bagus untuk menambahkan bobot mitos pada merek.

Begitulah penjelasan selengkapnya terkait jenis simbol logo dalam desain grafis, mulai dari hewan hingga emblem.


Logo Symbols: How to Pick Them for Your Brand

#adobeillustrator #desaingrafis #adobephotoshop #belajarphotoshop #sekolahdesain #pelatihandesain

1 tampilan0 komentar
bottom of page