Banyak perusahaan besar yang melakukan rebranding logo, tapi sayangnya ada yang berakhir gagal. Kebanyakan dari perusahaan tersebut kena kritik, karena desain logonya yang dianggap tak bagus. Berikut adalah daftar perusahaan yang gagal rebranding logo.
Pepsi
Pada tahun 2008, Pepsi merilis desain logo terbaru mereka dan menambahkan sebuah “senyuman nakal”.
Logo yang menelan biaya miliaran itu, malah banyak yang tak suka dan dianggap sebagai sebuah rebranding yang buruk.
Banyak yang tak sadar akan adanya sebuah senyuman di logo pepsi terbaru, karena bentuknya yang terlalu abstrak.
Perusahaan yang Gagal Rebranding Logo – Pepsi
Gap
Selain Pepsi, Gap juga sempat melakukan rebranding, tapi lagi-lagi logo terbaru Gap malah kena hujat banyak orang.
Logo terbaru Gap dirilis pada 2010 dan hanya beberapa saat kemudian, Gap memakai logo lamanya lagi.
Perubahan logo kembali ke awal itu dilakukan, karena konsumen benar-benar lebih suka logo lama daripada yang baru.
Baca Juga 10 Website Download Ilustrasi Gratis
Perusahaan yang Gagal Rebranding Logo – Gap
Xerox
Xerox mengumumkan bahwa mereka mengubah logo perusahaan mereka dan menambahkan sebuah ikon “X” di dalam lingkaran.
Namun, perbuahan logo yang dilakukan Xerox tak berdampak signifikan, karena hanya sedikit orang yang menyadari hal ini.
Bagi Xerox, logo tersebut mungkin menandakan era baru bagi perusahaan, tetapi malah tampak seperti perubahan tiga dimensi yang kurang cocok untuk sebuah korporat.
Perusahaan yang Gagal Rebranding Logo – Xerox
Pizza Hut
Bersamaan dengan menu baru, Pizza Hut juga melakukan revisi pada logonya pada tahun 2014 lalu.
Pizza Hut tetap mempertahankan elemen utama logo sebelumnya, yakni atap gubuk yang ikonik dan font-nya.
Perubahan yang dilakukan adalah menempatkan seluruh elemen ke dalam saus tomat.
Memang menyenangkan melihat versi logo yang lebih sederhana tanpa semua gradien dan banyak warna.
Namun, ada yang agak aneh dengan kombinasi kedua elemen, yakni atap gubuknya seperti tidak menyatu dengan baik.
Terlebih bagian atap gubuk tersebut juga mirip dengan topi, dan membuat logo jadi ambigu.
Perusahaan yang Gagal Rebranding Logo – Pizza Hut
Yahoo!
Logo baru Yahoo! yang dirancang oleh CEO barunya, Marissa Mayer, dan tim desain internal Yahoo! dianggap tak bagus.
Seandainya logo lama diperkenalkan hari ini, logo itu akan dianggap terlalu konyol dan kekanak-kanakan.
Meski begitu, orang-orang tetap menghargai keunikan logo terbaru dari Yahoo! itu.
Perusahaan yang Gagal Rebranding Logo – YAHOO!
Comments