top of page

6 Ciri Khas Cyberpunk dalam Desain Grafis, Ini Kuci Penting yang Wajib Diketahui 

Cyberpunk adalah sebuah genre fiksi ilmiah yang populer dalam dunia sastra, film, dan video game. Namun tidak hanya itu saja, cyberpunk juga menjadi inspirasi untuk desain grafis modern.

Karakteristik yang unik dan khas dari dunia cyberpunk dapat diaplikasikan pada desain grafis dengan memberikan kesan futuristik dan teknologi tinggi. 

Berikut adalah beberapa ciri khas cyberpunk dalam desain grafis yang perlu kamu ketahui, dikutip dari berbagai sumber.

Ciri Khas Cyberpunk dalam Desain Grafis

Ciri Khas Cyberpunk dalam Desain Grafis – Freepik

1. Tampilan teknologi tinggi

Desain grafis cyberpunk cenderung menampilkan teknologi tinggi dan futuristik. Biasanya, desain tersebut memanfaatkan elemen visual yang terinspirasi dari teknologi, seperti efek cahaya neon, efek glitch, tampilan grid atau gridlines, dan ilustrasi teknologi canggih.

2. Palet warna neon dan kontras tinggi

Cyberpunk seringkali memakai palet warna neon yang mencolok dan kontras tinggi, seperti neon biru, merah, ungu, atau hijau. Kombinasi warna-warna tersebut membuat tampilan desain menjadi lebih berani dan mencolok.

3. Typografi futuristik

Typografi futuristik cenderung menjadi karakteristik dari desain grafis cyberpunk. Font seperti sans-serif atau display font modern seringkali digunakan, dengan efek cahaya neon atau efek glitch yang membuatnya terlihat lebih futuristik.

Ciri Khas Cyberpunk dalam Desain Grafis – Freepik

4. Visual distorsi atau glitch

Visual glitch atau distorsi merupakan elemen yang sering terlihat dalam desain grafis cyberpunk. Ini mencakup efek glitch pada gambar atau teks, dengan tampilan yang sepertinya rusak atau terganggu.

5. Ilustrasi teknologi canggih

Desain grafis cyberpunk cenderung menampilkan ilustrasi teknologi canggih, seperti robot, kendaraan futuristik, dan bangunan-bangunan yang canggih.

6. Atmosfer gelap dan gritty

Atmosfer yang gelap dan gritty, biasanya dengan background yang gelap, cenderung menjadi ciri khas dari desain grafis cyberpunk. Ini memberikan tampilan yang lebih dramatis dan menekankan aspek yang lebih futuristik.

Dalam merancang desain grafis cyberpunk, kamu bisa menggabungkan beberapa atau semua karakteristik di atas untuk menciptakan tampilan yang benar-benar futuristik dan terinspirasi dari cyberpunk.

Namun, pastikan untuk menjaga kesederhanaan desain dan konsistensi dalam pemilihan elemen visual agar desain grafis tersebut tetap mudah dipahami oleh audiens.

Itulah ciri khas cyberpunk dalam desain grafis yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam mengerjakan proyek desain.



49 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page