Apa logo termahal di dunia yang pernah dibuat? Berikut penjelasan soal nama merek dan harganya.
Logo merupakan bagian penting dari strategi branding perusahaan mana pun yang ada di seluruh dunia.
Adanya logo membantu orang mengingat perusahaan dan bahkan dapat meningkatkan penjualan.
Itu karena logo akan dicantumkan di kemasan dan diposting secara online di sejumlah platform, selain itu logo juga akan dicetak untuk promosi.
Maka tak mengherankan apabila ada perusahaan yang membayar mahal untuk bisa mendapatkan logo yang keren dan diakui banyak orang.
Berikut Sekolah Desain telah merangkum sejumlah logo termahal di dunia yang pernah dibuat.
1. Symantec
Dan logo termahal jatuh ke tangan Symantec dengan biaya produksi yang sangat besar yaitu 1,28 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 18,4 triliun.
Nama asli perusahaan adalah Symantec Anti-Virus. Meskipun nama ini sangat umum, tapi logo yang bisa membuat orang merasa nyaman dan percaya.
Sang pendiri mengetahui bahwa dia ingin menjadi lebih dari sekadar pembuat perangkat lunak antivirus.
Logo Termahal di Dunia – Wikimedia Commons
2. British Petroleum (BP)
Di posisi kedua ada British Petroleum (BP) yang menghabiskan biaya pembuatan sekitar 210 juta dollar AS atau sekitar Rp 3 triliun.
Sebagai salah satu logo termahal di dunia saat ini, bunga warna hijau dan kuning itu dibuat menyerupai Helios (Dewa Matahari).
Logo tersebut dibuat oleh perusahaan untuk menampilkan citra ramah lingkungan. Mereka menerapkan psikologi warna pendekatan lingkungan hijau dan kuning.
Logo Termahal di Dunia – Wikimedia Commons
3. Accenture
Harga logo Accenture, perusahaan konsultasi manajemen, pelayanan teknologi dan outsourcing itu sekitar 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,4 triliun.
Harga tersebut mencakup nama merek serta karakteristiknya dan gambar numerik di bagian atasnya.
Ide utama pembuatan logo adalah perusahaan ingin terus bekerja menuju masa depan, untuk pertumbuhan dan perbaikan.
Logo Termahal di Dunia – Wikimedia Commons
4. Posten Norge
Posten Norge merupakan sebuah perusahaan pos dan logistik asal Norwegia dengan jumlah karyawan lebih dari 12,5 ribu orang.
Harga logo perusahaan ini sangat fantastik mencapai sekitar 55 juta dollar AS atau sekitar Rp 792 miliar.
Logo tersebut masih tergolong baru karena Posten Norge memperkenalkannya pada tahun 2008.
Logo Termahal di Dunia – Wikimedia Commons
5. Australia & New Zealand Banking Group (ANZ)
Logo ini dibuat saat penggabungan dua bank besar dan merupakan hasil penggabungan huruf pertama namanya menjadi satu singkatan.
Desainer memutuskan untuk tidak melanggar aturan klasik psikologi pemasaran dan menggunakan warna putih dan biru untuk membentuk asosiasi stabilitas, keamanan, dan keselamatan.
Biaya yang harus dikeluarkan untuk mendesain logo ini sekitar 15 juta dollar AS atau dalam rupiah mencapai Rp 216 miliar.
Logo Termahal di Dunia – Wikimedia Commons
6. BBC (redesain)
BBC juga membuat ulang logonya dengan biaya sekitar 1,8 juta dollar AS atau setara dengan Rp 25 miliar.
Desainer logo sengaja membuat desainnya tampak minimalis dan membuat huruf berwarna putih dengan latar belakang hitam. Dia juga menambahkan kotak untuk setiap hurufnya.
Ada psikologi bentuk dan warna yang berbicara melalui logo ini, di mana kontur yang jelas dikaitkan dengan keandalan.
Logo Termahal di Dunia – Wikimedia Commons
Itulah daftar logo termahal di dunia yang pernah dibuat harga termahal mencapai 18,4 triliun.
Komentáře