top of page

7 Prinsip Penting dalam Bekerja dengan Desainer Grafis: Panduan Lengkap untuk Menulis Brief Desain y

Apakah ada yang namanya prinsip penting dalam bekerja dengan desainer grafis? Ya, jawabannya ada. Simak penjelasannya di bawah ini.

Dalam dunia desain grafis, kerja sama dengan desainer grafis adalah kunci kesuksesan dalam menghasilkan desain yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Namun, banyak orang mengalami kesulitan dalam bekerja dengan desainer grafis, terutama dalam hal mengekspresikan kebutuhan dan preferensi mereka secara efektif.

Oleh karena itu, Sekolah Desain telah merangkum tujuh prinsip penting untuk membantu kamu bekerja dengan desainer grafis secara efektif, dilansir dari 99designs.com. 

Prinsip Penting dalam Bekerja dengan Desainer Grafis

Prinsip Penting dalam Bekerja dengan Desainer Grafis – Freepik

Prinsip penting dalam bekerja dengan desainer grafis

1. Tunjukkan, jangan katakan

Tunjukkan, jangan katakan adalah prinsip dalam desain yang mengatakan bahwa lebih baik menunjukkan sesuatu daripada hanya memberi tahu tentangnya. Artinya, ketika membuat desain, lebih baik memperlihatkan pesan atau informasi yang ingin disampaikan dengan menggunakan elemen visual seperti warna, font, dan gambar daripada hanya menggambarkannya secara verbal.

2. Tentukan kebutuhan terlebih dahulu

Tentukan kebutuhan terlebih dahulu, berarti sebelum memulai bekerja dengan desainer grafis, kamu perlu memahami kebutuhan kamu dengan jelas. kamu perlu memahami apa yang ingin kamu sampaikan melalui desain, siapa target audiens kamu, dan bagaimana kamu ingin desain itu terlihat.

3. Mulailah dengan menyetujui detailnya

Mulailah dengan menyetujui detailnya, mengacu pada pentingnya membuat kesepakatan tentang detail proyek desain sebelum memulai bekerja. Ini termasuk hal-hal seperti tenggat waktu, anggaran, dan lingkup proyek.

4. Sampaikan umpan balik sebagai masalah, bukan solusi

Sampaikan umpan balik sebagai masalah, bukan solusi artinya adalah  memberikan umpan balik yang konstruktif dan spesifik tentang masalah yang ditemukan dalam desain, bukan memberikan solusi yang pasti. Ini memberi ruang pada desainer untuk menemukan cara terbaik untuk memperbaiki masalah yang diidentifikasi.

Prinsip Penting dalam Bekerja dengan Desainer Grafis – Freepik

5. Sambut desainer ke dalam tim 

Sambut desainer ke dalam tim, berarti mengakui bahwa desainer grafis adalah bagian dari tim Anda, dan menghargai kontribusi mereka untuk proyek. Ini juga berarti menghargai keahlian dan pengalaman desainer dan memberikan mereka kebebasan untuk membuat keputusan desain.

6. Jelaskan secara rinci

Kamu wajib menjelaskan secara rinci dan jelas tentang kebutuhan dan preferensi kamu dalam proyek desain. Ini membantu desainer memahami kebutuhan kamu dengan jelas dan menghasilkan desain yang sesuai dengan harapan kamu.

7. Selalu buka pikiran 

Dengan selalu membuka pikiran tentunya membuat datangnya ide-ide baru dan gagasan dari desainer. Ini membantu memastikan bahwa desain kamu mendapatkan ide yang segar dan inovatif, dan memaksimalkan potensi desain.

Prinsip Penting dalam Bekerja dengan Desainer Grafis – Freepik

Dalam artikel ini, Sekolah Desain telah membahas tujuh prinsip penting dalam bekerja dengan desainer grafis secara efektif. 

Mulai dari prinsip “Tunjukkan, jangan katakan hingga “Selalu buka pikiran,” kamu sekarang memiliki panduan yang komprehensif untuk membantu kamu memulai kerja sama dengan desainer grafis secara sukses. Jangan lupa, penulisan brief desain yang jelas dan terstruktur sangat penting dalam menjamin keberhasilan proyek desain kamu.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, kamu akan mampu memaksimalkan potensi proyek desain dan mencapai hasil yang memuaskan bagi kamu dan tim desain.

0 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page