top of page

7 Tips Menjual Desain Kepada Klien, Desainer Wajib Tahu

Setiap desainer pasti ingin karya mereka dihargai dan disukai oleh klien. Berikut ini ada sejumlah tips menjual desain kepada klien yang wajib kamu ketahui.

Untuk bisa menjual desain kepada klien itu ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh pada desainer.

Berikut adalah beberapa tips menjual desain kepada klien yang bisa kamu ikuti, siapa tahu bisa meningkatkan pendapatan secara signifikan.

Tips Menjual Desain Kepada Klien – Freepik

  1. Kenali kebutuhan klien

Sebelum mulai mendesain, pastikan untuk memahami kebutuhan dan tujuan klien secara jelas. Pertanyakan kepada klien tentang produk atau jasa apa yang ingin mereka tawarkan dan siapa target pasar yang mereka ingin tuju. Dengan memahami kebutuhan klien dengan baik, kamu dapat menyesuaikan desain kamu agar lebih tepat sasaran dan efektif.

  1. Berikan pilihan

Ketika memberikan desain, jangan hanya memberikan satu opsi. Berikan beberapa pilihan yang berbeda untuk memungkinkan klien memilih desain yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun, pastikan setiap opsi desain yang kamu berikan tetap berada dalam kerangka kerja yang telah disepakati dengan klien.

  1. Jelaskan setiap aspek desain

Jangan anggap bahwa klien sudah memahami setiap aspek desain. Jelaskan mengapa kamu membuat keputusan desain tertentu, seperti pemilihan warna atau font. Sertakan juga alasan logis yang mendukung desain yang kamu tawarkan.

 Tips Menjual Desain Kepada Klien

Tips Menjual Desain Kepada Klien – Freepik

  1. Pertimbangkan masukan klien

Ketika klien memberikan masukan tentang desain kamu, jangan anggap itu sebagai kritik yang buruk. Pertimbangkan masukan klien dengan baik, dan berikan alasan mengapa kamu setuju atau tidak setuju dengan masukan tersebut. Jangan lupa bahwa klien adalah orang yang tahu bisnis mereka lebih baik daripada kamu.

  1. Fokus pada keuntungan

Dalam menjual desain pada klien, jangan hanya fokus pada fitur dan estetika. Fokuskan pada manfaat yang akan didapat klien dari desain kamu. Misalnya, apakah desain kamu dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan atau meningkatkan penjualan? Jika ya, jelaskan hal ini dengan jelas.

  1. Tunjukkan hasil

Setelah desain selesai dibuat, berikan contoh konkret tentang bagaimana desain kamu dapat bekerja. Berikan contoh penggunaan desain di berbagai media, seperti di website atau poster. Dengan menunjukkan hasil konkret, klien dapat lebih mudah memahami manfaat yang akan mereka dapatkan dari desain kamu.

  1. Harga yang transparan

Akhirnya, pastikan harga yang kamu tawarkan untuk desain kamu transparan dan mudah dipahami. Berikan daftar harga yang jelas dan rinci, sehingga klien dapat memahami apa yang mereka bayar. Jangan lupa untuk menjelaskan detail tambahan, seperti biaya tambahan untuk revisi atau pengiriman.

Dalam menjual desain pada klien, komunikasi yang jelas dan transparan sangat penting untuk dilakukan.

Dengan memahami kebutuhan klien, memberikan pilihan yang tepat, dan menunjukkan manfaat desain yang kamu tawarkan, klien dapat lebih mudah memahami dan menghargai karya kamu sebagai desainer.

Nah, itulah sejumlah tips menjual desain kepada klien yang wajib kamu ketahui. Semoga membantu.

6 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page