top of page

8 Aturan Penting Desain UI yang Wajib Diperhatikan

Apa saja aturan penting desain UI (User Interface)? Berikut penjelasan selangkapnya yang wajib kamu ketahui.

Berdasarkan buku yang ditulis oleh Ben Shneiderman berjudul Designing the User Interface, dia menjelaskan ada delapan golden rules dalam desain UI.

Benn Shneiderman merupakan ilmukan kompeter yang juga seorang profesor di University of Maryland Human.

Aturan tersebut dibagikan melalui bukunya, dimaksudkan agar hasil desain UI para pembacanya bisa menjadil lebih baik.

Berikut adalah delapan aturan penting desain UI menurut Ben Shneiderman.

Baca Juga 10 Plugin Figma Terbaik buat Desainer UI/UX
Aturan Penting Desain UI

Aturan Penting Desain UI – Freepik

  1. Buat antarmuka pengguna konsisten

Konsistensi adalah kuncinya – berbagai warna, font, dan gaya dapat menciptakan kebingungan, sedangkan konsistensi menciptakan keakraban,” ujar Mike Gilfillan, seorang Technical Lead Developer di Edge of the Web.

UI yang konsisten berarti menggunakan pola desain yang serupa. Memakai terminologi yang identik dalam prompt, menu dan layar yang homogen, dan perintah yang konsisten di seluruh antarmuka.

Hal yang konsisten ini membuat desain UI saling terhubung dengan baik. Pengguna juga akan merasa nyaman dengan desain yang konsisten.

  1. Izinkan pengguna untuk menavigasi dengan mudah via shortcut

Buat para pengguna yang sering mengunjungi sebuah situs website, membuthkan namanya shortcut atau jalan pintas untuk bergerak dengan cepat lewat desain antarmuka.

Contoh sederhananya, seperti kebanyakan pengguna Windows yang menggunakan pintasan CTRL + C untuk menyalin teks dengan cepat dan CTRL + V untuk menempelkannya.

Untuk membuat shortcut tersebut, kamu perlu membuat navigasi yang mempermudah pengguna dalam menemukan dan melakukan sesuatu dengan cepat.

Baca Juga 6 Buku Desain Grafis buat Membentuk Karier Sebagai Freelancer dan Profesional
  1. Berikan umpan balik yang informatif

Berikan umpan balik melalui salinan UI yang dapat dibaca untuk semua gerakan pengguna.

Ben Shneiderman menjelaskan bahwa tindakan yang sering dan kecil, tanggapannya akan bisa sederhana. Sementara itu, untuk tindakan yang jarang dan besar, tanggapannya harus lebih substansial.

Misalnya, saat pengguna diminta untuk membuat kata sandi, kamu harus memberikan informasi seberapa kuat kata sandi tersebut.

Kamu juga bisa memberikan contoh kata sandi melalui simbol yang menunjukkan seberapa kuat kata sandi pengguna saat ini.

Aturan Penting Desain UI – Freepik

  1. Rancang dialog yang informatif

Menurut Ben Shneiderman segala tindakan pengguna harus diberikan apresiasi hingga akhir melalui dialog yang informatif.

Hal tersebut bisa membuat pengguna merasa lega dan puas, apabila setiap tindakan yang mereka lakukan diakhiri dengan dialog yang informatif.

Contoh yang bagus adalah membawa pengguna ke halaman Terima Kasih dengan ringkasan setelah mereka menyelesaikan pesanan.

Adanya hal tersebut membuat pengguna tahu bahwa pesanannya telah dikonfirmasi.

Baca Juga 7 Website Download Ikon Gratis buat Penggunaan Komersial
  1. Mencegah kesalahan sebanyak mungkin

Jadikan UI semudah mungkin untuk digunakan dengan mencegah kesalahan pengguna yang serius.

Buatlah menu yang tidak tersedia menjadi berwarna abu-abu untuk mencegah pengguna memilihnya.

Sebagai seorang desainer UI, kamu perlu memastikan semuanya berfungsi sebagaimana mestinya dengan melakukan pengujian desain sebelum web atau aplikasi diluncurkan.

Hal tersebut tidak hanya membantu menguji fungsionalitas dan kegunaan produk, tetapi juga membantu kamu memahami kebutuhan audiens dengan lebih baik.

Jika ada pengguna yang membuat kesalahan, pastikan untuk memberi mereka penjelasan yang jelas untuk memahami kesalahan tersebut dan solusi mudah untuk mengatasinya.

  1. Izinkan pengguna membalikkan tindakan mereka dengan mudah

Tawarkan kepada pengguna cara yang mudah dan jelas untuk membalikkan langkah mereka saat mereka mengambil langkah yang salah.

“Fitur ini mengurangi kecemasan, karena pengguna mengetahui bahwa kesalahan dapat diurungkan, dan mendorong penjelajahan ke opsi yang tidak biasa,” jelas Ben Shneiderman.

Katakanlah seseorang secara tidak sengaja menambahkan informasi yang salah dalam formulir multi-halaman.

Maka, izinkan mereka untuk kembali ke halaman itu dan memperbaiki kesalahannya dengan mudah tanpa harus memulai dari awal lagi.

Baca Juga Intip 7 Font dari Film Populer, Bisa Dijadikan Inspirasi
  1. Buat pengguna memiliki kendali internal

Pengguna berpengalaman sangat menginginkan perasaan bahwa tindakan mereka benar-benar direspon dengan baik.

Mereka tidak menginginkan kejutan atau perubahan dan biasanya akan mudah terganggu dengan urutan entri data yang membosankan.

Kesulitan mendapatkan informasi yang dibutuhkan atau ketidakmampuan untuk menghasilkan hasil yang diinginkan juga mengganggu pengguna berpengalaman.

Untuk mengatasi hal tersebut Ben Shneiderman memberikan contoh yang bagus, yakni saat pengguna ingin keluar dari Microsoft Office, akan muncul dialog “apakah yakin ingin keluar tanpa menyimpan pekerjaan”.

Adanya hal itu tidak hanya membuat pengguna merasa memegang kendali, tetapi juga memastikan bahwa jika keluar secara tidak sengaja, pekerjaan mereka tidak akan hilang.

Aturan Penting Desain UI – Freepik

  1. Minimalkan beban memori

Aturan utama untuk membuat UI yang bagus adalah meminimalkan beban memori.

Beban memori bisa mengurangi kapasitas pengguna untuk melakukan tugas-tugas penting, jadi penting bagi komputer untuk mengambil alih beban memori.

Misalnya, jangan membuat pengguna memasukkan kembali informasi pribadi setiap kali mereka membeli dari situs web yang kamu buat.

Saat mendesain, selalu pilih pengenalan daripada penarikan untuk memungkinkan pengguna menyelesaikan tugas mereka dengan cepat dan tanpa kerumitan.

Nah, itulah daftar aturan penting desain UI yang perlu kamu perhatikan, untuk menciptakan aplikasi atau web yang nyaman.

#ciriciriuserinterfacebaik #BenShneiderman #AturanDesainUI #AturanPentingDesainUI #goldenrulesuiadalah #goldenrulesuicontoh #adobeillustrator #8goldenrulesbahasaindonesia #desaingrafis #UserInterface #adobephotoshop #sekolahdesain #AturanUI #goldenrulesui #interfacedesignrules #pelatihandesain #DesigningtheUserInterface #goldenrulesdesainui

3 tampilan0 komentar
bottom of page