top of page

8 Tips Mendesain Kalender yang Kreatif dan Menarik untuk Digunakan

Sejumlah tips mendesain kalender yang kreatif dan menarik yang bisa kamu terapkan. Langsung saja simak artikel ini.

Kalender adalah alat yang berguna untuk mengorganisir kegiatan sehari-hari dan mengingatkan tentang jadwal penting. Namun, seringkali kalender memiliki desain yang monoton dan membosankan. 

Oleh karena itu, dengan beberapa tips mendesain kalender yang kreatif dan menarik, kamu dapat membuat kalender yang unik dan dapat membangkitkan semangat kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah beberapa tips mendesain kalender yang kreatif dan menarik. 

Tips mendesain kalender

1. Tentukan tema

Tentukan tema yang akan diusung pada desain kalender kamu. Tema ini dapat berkaitan dengan topik yang kamu sukai, hobi, atau bahkan sesuai dengan acara atau peristiwa tertentu dalam setahun. Dengan menentukan tema, desain kalender kamu akan terlihat lebih konsisten dan mudah diingat.

2. Pilih tipe kalender

Terdapat beberapa tipe kalender yang dapat kamu pilih, seperti kalender bulanan, mingguan, atau bahkan harian. Sesuaikan tipe kalender dengan kebutuhan kamu dalam mengorganisir jadwal sehari-hari. Selain itu, pilih ukuran kalender yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Gunakan warna yang menarik

Pemilihan warna yang tepat dapat membuat kalender terlihat lebih menarik dan membangkitkan semangat kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Gunakan warna yang sesuai dengan tema yang telah kamu tentukan. kamu juga dapat memilih kombinasi warna yang kontras agar terlihat lebih menarik.

4. Tambahkan ilustrasi dan foto

Menambahkan ilustrasi dan foto dapat membuat desain kalender terlihat lebih hidup. kamu dapat menggunakan ilustrasi atau foto yang berkaitan dengan tema yang telah kamu tentukan. Pastikan foto dan ilustrasi yang digunakan memiliki resolusi yang baik agar hasil cetakan tidak pecah.

Tips Mendesain Kalender – Freepik

5. Gunakan font yang jelas dan mudah dibaca

Gunakan font yang jelas dan mudah dibaca agar kalender dapat dibaca dengan mudah. Hindari menggunakan font yang terlalu rumit dan sulit dibaca. Pastikan juga ukuran font yang digunakan sesuai dengan ukuran kalender.

6. Tambahkan catatan atau kutipan inspiratif

Selain berfungsi sebagai pengingat jadwal, kalender juga dapat digunakan sebagai media inspiratif. kamu dapat menambahkan catatan atau kutipan inspiratif untuk menginspirasi diri kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

7. Tambahkan aksesori

Aksesori seperti stiker dan washi tape dapat membuat desain kalender terlihat lebih menarik dan kreatif. kamu dapat menggunakan stiker atau washi tape yang berkaitan dengan tema kalender atau sesuai dengan warna yang digunakan pada desain kalender.

8. Gunakan desain minimalis

Desain minimalis dapat memberikan kesan modern dan elegan pada kalender kamu. Gunakan warna dan bentuk yang sederhana untuk menciptakan tampilan yang elegan dan profesional.

Dengan menerapkan tips mendesain kalender yang kreatif dan menarik di atas, kamu dapat membuat kalender yang unik dan dapat membangkitkan semangat kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, dengan menggunakan alat desain grafis online seperti Canva, kamu dapat dengan mudah membuat desain kalender yang menarik dan profesional. Selamat mencoba!

4 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page