top of page

Andy Warhol: Seniman Pop Art Legendaris Asal Amerika Serikat 

Inilah kisah hidup Andy Warhol, seniman visual yang dikenal sebagai salah satu pelopor gerakan seni populer di Amerika Serikat pada tahun 1960-an. 

Andy Warhol terkenal dengan karya seni ikoniknya yang mencakup lukisan, film, buku, dan karya-karya lainnya yang menggambarkan dan mengeksplorasi budaya konsumen, selebriti, dan gaya hidup Amerika.

Selama hidupnya, Warhol menjadi salah satu tokoh paling kontroversial dan berpengaruh di dunia seni, dan karya-karyanya terus menjadi inspirasi dan kontroversi hingga saat ini.

Mari kita telusuri lebih lanjut tentang kehidupan dan karya-karya seni yang menginspirasi dari Andy Warhol, dikutip dari Biography.com. 

Siapa Andy Warhol?

Andy Warhol adalah seorang ilustrator majalah dan iklan yang sukses dan menjadi salah satu seniman terkemuka dari gerakan seni Pop pada tahun 1960-an.

Dia mencoba berbagai bentuk seni, termasuk seni pertunjukan, pembuatan film, instalasi video, menulis dan dengan kontroversial membingkai batas antara seni rupa dan estetika mainstream. Warhol meninggal di Kota New York pada 22 Februari 1987.

Kehidupan awal

Lahir dengan nama Andrew Warhola pada tanggal 6 Agustus 1928, di lingkungan Oakland di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS).

Orang tua Warhol adalah imigran Slovakia. Ayahnya, Andrej Warhola, adalah seorang pekerja konstruksi, sedangkan ibunya, Julia Warhola, adalah seorang pembordir.

Mereka adalah orang Katolik Byzantine yang taat dan sering menghadiri misa serta mempertahankan kebudayaan dan warisan Slovakia, walau tinggal di salah satu daerah etnis Eropa Timur di Pittsburgh.

Pada usia delapan tahun, Warhol terkena Chorea, sebuah penyakit langka yang menyerang sistem saraf. Penyakit tersebut mengakibatkannya terbaring di tempat tidur selama beberapa bulan-bulan.

Selama waktu itu, ketika Warhol sakit di tempat tidur, ibunya yang juga seorang seniman mahir, memberinya pelajaran menggambar pertama. Menggambar segera menjadi kegemaran masa kecil Warhol. 

Dia juga penggemar film, dan ketika ibunya membelikannya sebuah kamera pada usia sembilan tahun, dia mulai belajar fotografi. Warhol mengembangkan film dalam sebuah kamar gelap sederhana yang ia buat di ruang bawah tanah.

Warhol bersekolah di Holmes Elementary dan mengambil kelas seni gratis yang ditawarkan di Carnegie Institute (sekarang Carnegie Museum of Art) di Pittsburgh.

Pada tahun 1942, saat usianya 14 tahun, ayahnya meninggal dunia karena sakit hati kuning. Warhol sangat sedih sehingga ia tidak bisa menghadiri pemakaman ayahnya, dan dia bersembunyi di bawah tempat tidur sepanjang selamatan.

Ayah Warhol telah mengakui bakat seni putranya, dan di wasiatnya, ia menentukan bahwa tabungan hidupnya akan diberikan untuk pendidikan perguruan tinggi Warhol.

Pada tahun yang sama, Warhol memulai pendidikan di Schenley High School, dan setelah lulus pada tahun 1945, dia mendaftar di Carnegie Institute of Technology (sekarang Carnegie Mellon University) untuk belajar desain gambar.

Pop art

Ketika lulus dari perguruan tinggi dengan gelar Bachelor of Fine Arts pada tahun 1949, Warhol pindah ke New York City untuk mengejar karir sebagai seniman komersial.

Pada saat ini, dia juga menghilangkan huruf “a” di akhir namanya untuk menjadi Andy Warhol.

Dia mendapatkan pekerjaan dengan majalah Glamour pada bulan September, dan menjadi salah satu seniman komersial paling sukses di tahun 1950-an.

Bahkan dia juga sering memenangkan penghargaan untuk gaya yang unik dan kocak, dengan menggunakan teknik garis blotted dan stempel karetnya untuk membuat gambar.

Campbell’s soup cans

Andy Warhol: Campbell’s Soup Cans – Britannica.com

Pada akhir tahun 1950-an, Warhol mulai lebih memperhatikan lukisannya, dan pada tahun 1961, dia memperkenalkan konsep “pop art” lukisan yang fokus pada barang-barang komersial massal.

Lalu di 1962, dia memamerkan lukisan-lukisan ikonik kaleng sup Campbell. Karya lukis kecil ini dari produk konsumen sehari-hari menciptakan sensasi besar di dunia seni, membawa Warhol dan pop art menjadi sorotan nasional untuk pertama kalinya.

Lukisan pop terkenal Warhol yang lain menggambarkan botol Coca-cola, vacuum cleaner, dan hamburger.

Potret

Dia juga melukis potret selebriti dengan warna-warna yang hidup dan mencolok; subjek terkenalnya termasuk Marilyn Monroe, Elizabeth Taylor, Mick Jagger, dan Mao Tse-tung.

Seiring potret-potret ini mendapatkan ketenaran dan kontroversi, Warhol mulai menerima ratusan komisi untuk potret dari sosialita dan selebriti.

Potretnya yang berjudul “Eight Elvises” kemudian dijual kembali seharga 1 juta dollar AS atau setara Rp 1,4 triliun lebih pada 2008, menjadikannya salah satu lukisan paling berharga dalam sejarah dunia.

Andy Warhol – Warhol.org

The factory

Pada tahun 1964, Warhol membuka studio seninya sendiri, sebuah gudang berlapis perak yang dikenal sebagai “The Factory”.

The Factory dengan cepat menjadi salah satu tempat nongkrong budaya terkemuka di New York City, tempat pesta mewah dihadiri oleh sosialita dan selebriti terkaya di kota.

Buku dan film Andy Warhol 

Pada tahun 1970-an, Warhol terus menjelajahi bentuk media lain. Dia menerbitkan buku seperti The Philosophy of Andy Warhol (From A to B and Back Again) dan Exposures.

Warhol juga bereksperimen secara ekstensif dengan seni video, menghasilkan lebih dari 60 film selama karirnya.

Beberapa film terkenalnya termasuk Sleep, yang menggambarkan penyair John Giorno tidur selama enam jam, dan Eat, yang menunjukkan seorang pria makan jamur selama 45 menit.

Warhol juga bekerja dalam bidang patung dan fotografi, dan pada tahun 1980-an, ia beralih ke televisi, menjadi pembawa acara Andy Warhol’s TV dan Andy Warhol’s Fifteen Minutes di MTV.

Kematian

Di akhir hidupnya, Warhol menderita masalah kronis dengan kantung empedunya. Pada tanggal 20 Februari 1987, ia dirawat di Rumah Sakit New York di mana kantung empedunya berhasil diangkat dan ia tampak pulih.

Namun, beberapa hari kemudian ia mengalami komplikasi yang mengakibatkan serangan jantung mendadak dan ia meninggal pada tanggal 22 Februari 1987, pada usia 58 tahun.

Ribuan orang menghadiri upacara penghormatan untuk seniman ini di Katedral St. Patrick di New York City.

Kesimpulan

Warhol adalah seorang seniman visual dan sutradara film terkenal yang dikenal karena karyanya dalam gerakan seni Pop Art pada tahun 1960-an.

Karya-karyanya yang mengeksplorasi objek konsumsi massal dan tema selebriti Hollywood dan politik dianggap sebagai inovatif dan berpengaruh dalam seni rupa kontemporer.

Warhol meninggal dunia pada tahun 1987, tetapi karyanya tetap menjadi bagian integral dari seni rupa dan budaya populer.

11 tampilan0 komentar

Comentários


bottom of page