top of page

Apa Itu Desain Inklusif? Ini Penjelasan Lengkapnya, Desainer Wajib Tahu

Pengertian tentang Desain Inklusif mungkin masih asing bagi sebagian orang, tetapi dengan semakin berkembangnya kesadaran tentang inklusi, Desain Inklusif menjadi semakin penting.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang apa itu Desain Inklusif, mengapa penting. Dan, bagaimana dapat membantu menciptakan produk dan layanan yang lebih inklusif dan ramah lingkungan.

Berikut ini penjelasan lengkap soal apa itu desain Desain Inklusif, dikutip dari berbagai sumber.

Desain Inklusif adalah suatu pendekatan dalam proses desain yang bertujuan untuk menciptakan produk, lingkungan, dan pengalaman yang dapat diakses dan digunakan oleh semua orang, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik, kognitif, dan sensorik.

Dalam membuat desain dengan prinsip tersebut maka desainer wajib mempertimbangkan keberagaman dan keunikan setiap individu.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa produk dan layanan yang dihasilkan dapat diakses dan digunakan dengan mudah oleh semua orang tanpa diskriminasi.

Dengan mempertimbangkan kebutuhan dan keterbatasan orang yang berbeda. Maka desainer dapat membantu menciptakan produk yang lebih mudah digunakan, mengurangi ketimpangan sosial, dan membuka peluang bisnis baru.

Desain Inklusif dalam produk

Desain Inklusif dalam produk berarti menciptakan produk yang dapat digunakan oleh semua orang, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik, kognitif, dan sensorik.

Hal tersebut bisa mencakup penggunaan gambar yang lebih jelas dan berwarna dalam buku pelajaran untuk membantu siswa dengan gangguan belajar, atau pembuatan tempat parkir yang lebih luas untuk mobil yang dimodifikasi untuk orang yang menggunakan kursi roda.

Desain inklusif dalam lingkungan

Kemudian, jika dalam lingkungan berarti menciptakan lingkungan yang dapat diakses oleh semua orang, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik, kognitif, dan sensorik.

Ini dapat mencakup penggunaan kontras tinggi dan huruf besar pada tanda-tanda jalan untuk membantu orang dengan gangguan penglihatan, atau penggunaan lift atau tangga mekanis di stasiun kereta api untuk membantu orang yang menggunakan kursi roda.

Desain Inklusif

Desain Inklusif dalam pengalaman

Lalu, dalam pengalaman berarti menciptakan pengalaman yang dapat dinikmati oleh semua orang, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik, kognitif, dan sensorik.

Hal yang termasuk di dalamnya ada penggunaan teks yang mudah dibaca dan instruksi yang jelas dalam aplikasi atau situs web untuk membantu orang dengan keterbatasan kognitif atau sensorik.

Prinsip-prinsip Desain Inklusif

Prinsip-prinsipnya mencakup kesederhanaan, fleksibilitas, dan aksesibilitas. Desainer harus mempertimbangkan prinsip-prinsip ini dalam setiap tahap proses desain untuk menciptakan produk dan layanan yang lebih inklusif dan ramah lingkungan.

Dalam era digital yang semakin maju, desain dengan prinsip ini juga menjadi semakin penting dalam menciptakan produk dan layanan online.

Dengan mempertimbangkan kebutuhan dan keterbatasan orang yang berbeda, desainer dapat menciptakan situs web dan aplikasi yang lebih mudah digunakan dan dapat diakses oleh semua orang.

Desainer harus memahami pentingnya Desain Inklusif dan menerapkannya dalam setiap tahap proses desain untuk menciptakan produk yang lebih inklusif dan ramah lingkungan.

1 tampilan0 komentar

Comentários


bottom of page