top of page

Apa Itu Figma? Ini yang Bisa Dilakukan dan Keuntungannya

Figma adalah salah satu platform desain digital yang paling populer dan banyak digunakan oleh desainer UI UX saat ini.

Platform desain yang satu ini dinilai memudahkan pekerjaan para desainer dan bisa digunakan untuk membuat sejumlah jenis desain sekaligus.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail apa itu Figma dan bagaimana platform ini digunakan oleh para desainer.

Software Desain Grafis Gratis

Apa itu FigmaFreepik

Apa itu Figma?

Figma adalah sebuah platform desain digital yang digunakan untuk membuat antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang menarik dan fungsional.

Platform ini dikembangkan dengan tujuan untuk membantu tim desain berkolaborasi dengan mudah dan efisien, tanpa batasan geografis atau perangkat keras.

Figma memiliki fitur-fitur yang memudahkan desainer untuk membuat, mengedit, dan berbagi desain mereka dengan rekan tim dan klien mereka.

Figma juga merupakan aplikasi web, yang berarti kamu tidak perlu mengunduh atau memasang aplikasi pada komputer kamu, karena semua desain disimpan di Cloud dan dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet.

Apa yang bisa dilakukan dengan Figma?

Figma digunakan oleh desainer UI UX untuk membuat mockup, prototipe, dan desain final produk mereka.

Berikut adalah beberapa fitur yang membuat Figma menjadi pilihan utama bagi para desainer.

1. Collaborative design

Figma memungkinkan desainer untuk berkolaborasi secara real-time dengan rekan tim dan klien mereka. Dengan fitur ini, kamu dapat mengundang orang lain ke dalam proyek kamu, memberikan komentar, dan melakukan perubahan secara langsung pada desain.

2. Prototyping

Figma memungkinkan desainer untuk membuat prototipe interaktif dengan mudah dan cepat. kamu dapat menambahkan tautan antara halaman atau komponen, serta mengatur animasi dan interaksi pada desain kamu.

3. Vector network

Figma menggunakan vektor network sebagai basis desainnya. Ini memungkinkan desainer untuk membuat desain yang dapat disesuaikan dengan ukuran layar apa pun, tanpa kehilangan kualitas gambar.

4. Design libraries

Figma menyediakan fitur design libraries, yang memungkinkan desainer untuk membuat dan menyimpan komponen desain yang dapat digunakan kembali di berbagai proyek.

5. Integrasi dengan alat lain

Figma dapat diintegrasikan dengan alat lain seperti Trello, Slack, dan GitHub, sehingga memudahkan desainer untuk berkolaborasi dengan tim mereka.

Apa itu Figma

Apa itu FigmaFreepik

Keuntungan menggunakan Figma

Berikut adalah beberapa keuntungan yang didapatkan oleh para desainer yang menggunakan Figma.

1. Kolaborasi yang mudah

Dengan Figma, desainer dapat berkolaborasi dengan mudah dengan rekan tim dan klien mereka, tanpa batasan geografis atau perangkat keras.

2. Akses yang mudah

Karena Figma adalah aplikasi web, desainer dapat mengakses desain mereka dari mana saja dengan koneksi internet.

3. Lebih cepat

Dibandingkan dengan alat desain lainnya, Figma memungkinkan desainer untuk membuat desain dengan lebih cepat dan efisien.

4. Hemat biaya

Karena Figma adalah aplikasi web, kamu tidak perlu membeli atau memperbarui perangkat keras atau lisensi software tambahan.

Apa itu FigmaFreepik

Kesimpulan

Figma adalah platform desain digital yang sangat berguna bagi para desainer UI UX. Dengan fitur-fitur yang memudahkan kolaborasi dan prototyping.

Di sisi lain, Figma juga memungkinkan desainer untuk membuat desain yang menarik dan fungsional dengan lebih cepat dan efisien.

Selain itu, Figma juga memiliki integrasi dengan berbagai alat dan aplikasi yang memudahkan desainer untuk bekerja sama dengan tim mereka.

Bagi para desainer UI UX, Figma menjadi salah satu alat terbaik untuk memudahkan proses desain dan kolaborasi.

Jika kamu belum mencobanya, kamu dapat mencoba Figma secara gratis dan menemukan fitur-fitur menarik yang membuat Figma menjadi pilihan utama bagi para desainer.

Itulah penjelasan selengkapnya terkait apa itu Figma yang perlu kamu ketahui sebelum memanfatkan seluruh fitur yang tersedia.

3 tampilan0 komentar

Comentarios


bottom of page