top of page

Apa Itu Nft Art : Desain Masa Depan

Masih belum paham dengan apa itu nft art? Wah sayang banget Sobat Owly. Soalnya, nft art adalah bisnis desain masa depan yang sangat menguntungkan. Sayangnya, belum terlalu banyak menyadari kekuatan nft art.

Masih banyak banget orang yang belum tahu cara menjual nft art. Bahkan, banyak juga yang belum paham sebenarnya apa itu NFT.

Apakah kamu termasuk salah satu orang tersebut? Kalau iya, langsung aja yuk baca artikel ini sampai selesai!

Pengenalan – Apa Itu NFT Art

Sebagai permulaan, kita bahas semuanya dari dasar dulu yuk. Menurut wikipedia, NFT merupakan singkatan dari Non-fungible token atau yang berarti token yang tidak dapat dipertukarkan.

Lebih detail lagi, NFT sendiri adalah tanda kepemilikan seseorang terhadap suatu karya. Nah, kepemilikan karya ini sendiri dicatat di buku besar digital (blockchain).

Sederhananya, jika kamu membeli katakanlah illustrasi NFT, kamu akan dapat kode unik sebagai tanda kepemilikanmu terhadap karya tersebut.

Apa Itu NFT Art – Bagaimana Cara Membelinya

Lalu, gimana sih cara membeli nft art sendiri? Karena memang dicatat dalam blockchain, tentu saja NFT hanya bisa dibeli dengan mata uang digital atau yang selama ini kita kenal sebagai cryptocurreny.

Crypto adalah mata uang digital yang dijamin dengan kriptografi untuk menjaga keamanan. Nah, mata uang crypto yang paling terkenal adalah bitcoin dan pertama kali dirilis pada tahun 2009.

Apa itu NFT art

Apa itu NFT art – Bagaimana cara membelinya

Nah berbeda dengan bitcoin yang bisa dipertukarkan, NFT bukanlah token yang bisa dipertukarkan satu sama lain meskipun memiliki nilai yang sama. Inilah yang membuat NFT memiliki nilai dan value yang lebih.

Lalu gimana sih cara membelinya? Pada dasarnya, membeli NFT itu mirip-mirip dengan sistem trading bitcoin. Namun ada beberapa hal nih yang harus kamu perhatikan.

1.Tentukan Marketplace

Sebelum membeli NFT art, kalian harus tentukan dulu marketplace mana yang ingin kalian tuju. Ada banyak banget marketpalce NFT yang ada dan masing-masing juga menjual jenis art yang berbeda.

Berikut adalah beberapa marketplace NFT yang bisa kamu pilih.

  1. Opensea

  2. Rarible

  3. Myth Market

  4. SuperRare

  5. BakerySwap

  6. dll

2. Siapkan Crypto Coin dan Crypto Wallet

Sebelum bisa membeli dan menjual NFT art, kamu harus pilih nih koin crypto apa yang akan kamu pakai. Selain itu kamu juga harus menyiapkan Crypto wallet untuk melakukan transaksi.

Apa itu NFT art

Apa itu NFT art – Ethereum

Sejauh ini, bitcoin etherium adalah koin crypto yang paling banyak digunakan dalam NFT. Beberapa wallet yang bisa kamu gunakan untuk pembelian dengan Ethereum ada Coinbase wallet, MetaMask, Trust Wallet, serta Enjin.

3. Pastikan NFT Art Tersedia

Ini juga ngga kalah penting. Karena beberapa NFT art biasanya hanya tersedia di platform atau marketplace tertentu. Contohnya seperti trading card NBA Top Shot yang hanya bisa dibeli jika kamu punya akun NBA Top Shot dan Dapper Wallet.

Apa itu NFT art

Apa itu NFT art – trading card

Selain itu, dalam dunia NFT ada budaya yang disebut dengan NFT drop. Biasanya seorang seniman akan mengumumkan tanggal rilis NFT mereka di marketplace tertentu.

Selanjutnya jika kalian tertarik, kalian bisa membuat terlebih dahulu wallet yang bisa digunakan di marketplace tersebut sebelum tanggal perilisan.

Apa Itu NFT Art – Bagaimana Cara Menjualnya

Lalu bagaimana jika kalian ingin menjual karya NFT di marketplace? Tenang, Owly jelaskan cara berjualan NFT di OpenSea:

  1. Pergi ke website OpenSea

  2. Klik tombol ‘Create’ dan kamu akan diarahkan ke halaman yang mengharuskan kamu untuk menghubungkan wallet yang kompatibel dengan Ethereum

  3. Jika sudah, masukkan password wallet kamu dan tunggu marketplace Opensea untuk menghubungkannya.

  4. Setelah itu, klik tombol ‘Create’ dan pilih ‘My Collections’

  5. Selanjutnya, pilih tombol ‘Create’ berwarna biru.

  6. Lalu sebuah pop up akan muncul. Dalam pop up ini kamu bisa mengunggah file atau foto yang ingin kamu ubah jadi file NFT. Beri nama dan isi deskripsinya. Jika sudah berhasil, itu artinya kamu telah membuat folder untuk NFT kamu.

  7. Nah, kamu sudah bisa mulai untuk mengunggah NFT nih. Caranya bisa dengan klik “Add new item” dan tanda tangan sebuah pesan dengan dompetmu.

  8. Lalu nanti akan muncul sebuah window baru dimana kamu bisa mengunggah karya NFT mu. Karya NFT yang diunggah pun ada banyak. Mulai dari audio, foto, bahkan GIF.

Kesimpulan

Gimana Sobat Owly, sekarang udah mulai paham kan tentang apa itu NFT art ? Semoga kamu jadi semakin tahu bagaimana cara kerja dan cara menjual NFT art, ya.

Ingat Sobat Owly, sebagai desainer kita harus terus mengikuti perkembangan jaman. Nah, NFT ini bisa jadi hal trend yang perlu kalian coba selanjutnya.

Jangan berhenti belajar dan mencoba hal baru, ya. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

1 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page