top of page

Apakah Canva bebas hak cipta? Ini Penjelasan Selengkapnya yang Wajib Diketahui 

Sebagai pengguna Canva aktif, pastinya kamu pernah bertanya apakah Canva bebas hak cipta? Jika masih bingung wajib menyimak artikel di bawah ini. 

Canva adalah salah satu platform desain grafis online yang sangat populer dan mudah digunakan.

Platform ini memiliki berbagai jenis media, seperti gambar, ilustrasi, video, dan musik, yang dapat digunakan oleh pengguna secara gratis atau dengan biaya tertentu.

Namun, banyak pengguna yang masih bertanya-tanya tentang hak cipta media yang dapat diakses melalui Canva. 

Apakah Canva bebas hak cipta – Unsplash

Apakah media yang tersedia di Canva bebas hak cipta atau tidak? Bagaimana jika saya menggunakan media yang memiliki hak cipta tanpa izin?.

Untuk menjawab pertanyaan ini, Canva telah menetapkan Free Media License Agreement (Perjanjian Lisensi Media Gratis) yang berlaku sejak 3 Januari 2022, dilansir dari situs resminya.

Dalam perjanjian ini, Canva menyatakan bahwa mereka tidak memberikan hak kepemilikan atas media yang disediakan kepada pengguna.

Namun, pengguna Canva diizinkan untuk menggunakan media yang tersedia untuk tujuan komersial maupun non-komersial. Selain itu, pengguna juga diizinkan untuk mengedit, menggabungkan, dan memodifikasi media yang tersedia di Canva.

Perlu diperhatikan juga bahwa pengguna Canva tidak diizinkan untuk menjual kembali atau mendistribusikan kembali media yang telah dimodifikasi atau digabungkan dengan media lain yang memiliki hak cipta.

Selain itu, pengguna Canva tidak diizinkan untuk menggunakan media yang tersedia di Canva untuk tujuan yang melanggar hukum atau merugikan pihak lain.

Apakah Canva bebas hak cipta – Unsplash

Apakah Canva bebas hak cipta? 

Jadi, apakah media yang tersedia di Canva bebas hak cipta? Jawabannya tidak. Namun, pengguna Canva dapat menggunakan media tersebut dengan izin dan mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh Canva.

Dengan demikian, pengguna Canva dapat menggunakan media secara aman dan memperoleh hasil desain grafis yang menarik tanpa harus khawatir melanggar hak cipta.

Dalam hal ini, Canva juga menyediakan opsi untuk memperoleh lisensi media berbayar yang memberikan hak kepemilikan atas media yang diakses pengguna.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan media yang tersedia secara lebih fleksibel tanpa khawatir melanggar hak cipta.

Fitur Tersembunyi Canva

Apakah Canva bebas hak cipta – Unsplash

Kesimpulan 

Bisa dibilang pengguna Canva dapat menggunakan media yang tersedia dengan aman selama mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan.

Dalam hal pengguna ingin menggunakan media Canva secara lebih fleksibel, dapat memperoleh lisensi berbayar yang memungkinkan pengguna untuk memiliki hak kepemilikan atas media yang digunakan.

Itulah penjelasan soal Apakah Canva bebas hak cipta?. Semoga dari artikel ini kamu bisa mendatkan pencerahan yang bermanfaat.

49 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page