top of page

Belajar Ai dan Trik Tracing Cepat [Bonus Modul GRATIS]

Belajar Ai

Belajar Ai

Belajar ai harus dimulai dari mana sih? Pertanyaan ini mungkin adalah salah satu hal yang banyak dipikirkan oleh desainer pemula. Sebagai software desain profesional, ai memang cukup membingungkan untuk dipelajari sendirian.

Jika kamu mengalami masalah seperti di atas, kamu beruntung banget. Karena hari ini Owly bakal menuntun kalian yang ingin belajar vektor di adobe illustrator. Owly juga bakal mengajarkan salah satu teknik penting dalam desain vektor, yaitu tracing.

Sssst… di akhir artikel, Owly juga bakal bagi-bagi modul gratis tutorial adobe illustrator buat kalian, lho. Baca artikel ini sampai habis, ya!

Kenapa Harus Belajar Ai?

belajar ai

Belajar Ai

Kamu pasti sudah sering kan melihat desain seperti di atas? Kalau kamu belum familiar, desain ini biasa disebut dengan Flat Design.

Nah, flat desain sendiri adalah salah satu jenis desain vektor yang sedang banyak digemari dan dipelajari. Karena flat desain adalah jenis gambar vektor, maka kamu membutuhkan software pengolah vektor jika ingin membuatnya.

Sebenarnya ada banyak sekali software pengolah vektor, tapi adobe illustrator adalah salah satu yang populer dan banyak digunakan.

Kelebihan gambar atau desain vektor sendiri terletak pada resolusi dan kualitas gambarnya. Berbeda dengan bitmap, gambar vektor lebih berkualitas tinggi karena terbuat dari anchor point berupa titik. Sedangkan bitmap terbuat dari pixel yang akan pecah jika di zoom.

Tutorial Adobe Illustrator – Tracing Cepat

Rasanya kalau cuma membaca teori saja tidak akan cukup. Nah makanya kali ini Owly juga akan mengajarkan salah satu teknik penting yang harus kalian kuasai saat membuat desain vektor. Teknik tersebut adalah tracing.

Tracing adalah sebuah teknik desain dimana kita amenggambar ulang sketsa atau gambar yang sudah kita punya menggunakan tools pada software. Biasanya, tracing dilakukan dengan pen tool. Namun cara ini cukup susah dan memakan waktu yang lama.

Tapi tenang aja. Owly bakal kasih tau ke kalian trik tracing yang cepat dan mudah. Kali ini kita bakal belajar mengubah gambar atau foto biasa menjadi format vektor yang berkualitas tinggi. Ikuti cara ini ya:

  1. Pertama tentu saja teman-teman harus menyiapkan gambar atau foto yang ingin diubah ke bentuk vektor.

  2. Setelah itu, buka software Adobe Illustrator. Jika sudah, buat sebuah artborad (lembar kerja) baru dengan cara pilih File > New atau bisa juga dilakukan dengan menekan shortcut CTRL + N pada keyborad.

Belajar Ai

Belajar Ai

  1. Selanjutnya, kita akan memasukkan gambar atau foto yang akan kita ubah menjadi vektor. Caranya dengan pergi ke File > Place atau dengan shortcut CTRL + SHIFT + P pada keyboard.

Belajar Ai

Belajar Ai

  1. Jika sudah, seleksi gambar kalian. Sekarang kita akan melakukan tracing pada gambar dengan cepat. Caranya pergi ke panel properties lalu klik High Fidelity Foto. Jika sudah klik Image Trace.

Tutorial adobe illustrator

Belajar Ai

  1. Setelah klik Image Trace, biasanya kalian akan diminta untuk menunggu selama beberapa saat. Jika proses tracing sudah selesai, teman-temen bisa klik Expand.

Tutorial adobe illustrator

Tutorial adobe illustrator

  1. Nah selesai deh. Sekarang gambar atau foto kalian sudah menjadi format vektor dan beresolusi tinggi.

Tutorial adobe illustrator

Tutorial adobe illustrator

Penutup

Nah, itu tadi utorial adobe illustrator kita kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi langkah awal teman-teman untuk belajar ai.

Nah supaya belajarnya lebih semangat, Owly kasih bonus modul belajar yang berisi shortcut adobe Illustrator nih buat kalian. Modulnya gratis lho. Selamat belajar dan sampai jumpa di artikel selanjutanya.

1 tampilan0 komentar

Comentários


bottom of page