top of page

Glaze: Software untuk Melindungi Karya Seni dari AI Art Generator

Mengenal software Glaze, sebuah alat yang bisa digunakan untuk melindungi karya seni dari AI Art Generator.

Kecerdasan buatan (AI) semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya AI Art Generator yang bisa digunakan untuk menciptakan karya seni unik, yang meniru seni manusia hanya dengan AI.

Namun, meskipun beberapa orang menghargai keunikan yang ditawarkan oleh AI Art Generator, ada juga kekhawatiran tentang dampaknya pada seniman dan industri seni secara keseluruhan.

Untuk mengatasi masalah ini, sekelompok seniman dan peneliti telah mengembangkan alat yang disebut Glaze.

Alat ini berfungsi untuk melindungi seniman dari AI art generator yang mencuri karya mereka dan mengklaimnya sebagai hasil karya sendiri.

Glaze

Freepik

Apa itu Glaze?

Glaze adalah software yang dikembangkan oleh sekelompok seniman dan peneliti di Amerika Serikat.

Software ini menggunakan teknologi steganografi untuk menyisipkan watermark digital yang tidak terlihat pada karya seni manusia.

Dengan cara ini, ketika AI Art Generator mencoba menciptakan karya seni, yang meniru seni manusia, watermark tersebut akan terlihat jelas dan membuktikan bahwa karya tersebut adalah hasil karya seniman yang asli.

Kunjungi website-nya di sini

Cara kerja Glaze

Glaze bekerja dengan cara yang sangat sederhana. Saat seorang seniman menyelesaikan karya seni mereka, mereka dapat mengunggah gambar ke situs web Glaze.

Alat tersebut akan menyisipkan watermark digital pada gambar tersebut, yang hanya dapat dilihat oleh mesin pencari Glaze.

Setelah itu, seniman dapat mengunduh gambar yang sudah disematkan watermark dan menggunakannya untuk tujuan apa pun yang diinginkan.

Saat AI Art Generator mencoba untuk menciptakan karya seni yang meniru karya seni manusia yang telah diberi watermark oleh Glaze, watermark tersebut akan terlihat jelas pada hasil karya AI.

Ini akan membuktikan bahwa karya tersebut adalah hasil karya seniman yang asli, dan bukan hasil karya AI Art Generator.

Alasan Penulis Konten Tidak Dapat Mengkamulkan AI Chatbot

Freepik

Keuntungan menggunakan Glaze

Menggunakan software ini memberikan beberapa keuntungan bagi seniman. Pertama, seniman dapat memastikan bahwa karya seni mereka tidak dicuri oleh AI Art Generator.

Kedua, seniman dapat memperoleh bukti bahwa karya seni mereka adalah asli, yang dapat membantu melindungi hak cipta mereka.

Terakhir, seniman dapat mempromosikan karya seni mereka dengan percaya diri tanpa khawatir dicuri oleh orang lain.

Kesimpulan

Software ini adalah alat yang sangat berguna bagi seniman yang khawatir tentang dampak AI art generator pada karya seni mereka.

Dengan menggunakan software ini, seniman dapat melindungi hak cipta mereka dan memastikan bahwa karya seni mereka tidak dicuri oleh AI Art Generator.

Alat ini juga membantu untuk mempromosikan karya seni dengan percaya diri tanpa khawatir dicuri oleh orang lain.

36 tampilan1 komentar
bottom of page