top of page

Ini Macam-Macam Desainer yang Perlu Kamu Tahu (Ada 7)

Sobat Owly udah tahu belom nih kalau ada banyak macam-macam desainer yang ada di dunia profesional? Yups. Desainer itu bukan cuma desainer baju dan desainer grafis aja ya.

Profesi dalam dunia desain itu banyak banget lho Sobat Owly. Mulai dari desainer produk hingga animator, mereka juga merupakan seorang desainer. Nah, penasaran apa saja macam profesi dalalam dunia desain? Yuk langsung kita bahas!

Macam-Macam Desainer

Secara garis besar, desainer adalah orang yang merancang sesuatu. Mereka juga adalah orang yang mengomunikasikan pesan kepada audiens lewat berbagai medium.

Lebih spesifik lagi, ada banyak banget nih kategori atau macam-macam desainer berdasarkan apa yang mereka lakukan. Kita cari tahu yuk apa saja jenisnya!

  1. Desainer Grafis Sebagai permulaan, kita bahas dulu yuk jenis desainer yang paling banyak kita kenal dan mungkin paling familiar. Pekerjaan desainer grafis sendiri tak hanya membuat visual yang menarik, tapi juga harus bisa mengomunikasikan pesan. Seorang desainer grafis bukan hanya orang yang jago software desain saja. Tapi mereka harus bisa menyelesaikan masalah klien mereka. Contohnya seperti membuat desain promosi yang menarik atau membuat logo yang benar-benar mewakili brand perusahaan.

macam-macam desainer

Macam-macam desainer | Desainer Grafis

  1. Illustrator Berbeda dengan desainer grafis, seorang illustrator biasanya hanya fokus untuk membuat karya illustrasi atau aset gambar yang diperlukan desainer grafis. Biasanya seorang illustrator menggunakan software pengolah vektor seperti Adobe Illustrator, Affinity Designer, bahkan Procreate atau Ibis Paint. Bertolak belakang dengan yang banyak diyakini, sebenarnya seorang illustrator tidak harus jago dalam menggambar. Karena ada beberapa jenis illustrasi seperti doodle hingga flat desain yang tak perlu kemampuan illustrasi tingkat tinggi. Output desain yang dihasilkan seorang illustrator sendiri biasanya beragam. Mulai dari flat desain, illustrasi cover buku, doodle, hingga digital painting.

macam-macam desainer grafis

macam-macam desainer grafis| Illustrator

  1. UI Designer (User Interface) Selanjutnya kita akan membahas salah satu jenis desainer yang lagi banyak digandrungi, nih. Yups, dia adalah UI designer. Dengan semakin banyaknya pengembang aplikasi dan bisnis yang beralih ke pasar digital, kebutuhan UI designer semakin banyak. UI designer sendiri adalah desainer yang bertanggung jawab untuk merancang tampilan website atau aplikasi. Mereka juga harus bisa memastikan bahwa desain mereka tak hanya enak dilihat tapi juga dapat dimengerti user.

macam-macam desainer

Macam-macam desainer | UI Designer

  1. UX Designer ( User Experience) Sama dengan UI designer, desainer UX juga merupakan salah satu jenis desainer yang sedang banyak dicari. Namun, kedua desainer ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Jika UI desainer bertugas untuk merancang tampilan, desainer UX bertanggung jawab untuk merancang pengalaman user saat menggunakan aplikasi atau website. Mereka harus bisa membuat user tak kebingungan saat memakai sebuah aplikasi.

macam-macam desainer

Macam-macam desainer | UX Designer

Baca Lebih Lanjut Apa itu UI/UX?
  1. Desainer Produk Berbeda dengan desainer-desainer lain, desainer produk biasanya harus memiliki pengetahuan dan kepekaan di bidang marketing. Biasanya seorang desainer produk juga harus punya pengetahuan tentang UI dan UX Design. Tugas mereka adalah memastikan tampilan website/aplikasi serta pengalaman saat menggunakannya sesuai dengan brand perusahaan dan juga nyaman bagi user.

  2. Animator Macam-macam desainer yang harus kalian tahu selanjutnya adalah animator. Banyak banget yang mengira bahwa animator dan filmaker itu sama. Padahal keduanya sangat berbeda. Seorang animator adalah orang yang membuat aset 2D maupun 3D untuk video musik, film, bahkan website. Software yang biasa mereka gunakan antara lain Adobe InDesign, Adobe After Effet, hingga blender.

macam-macam desainer

Macam-macam desainer | Animator

  1. Motion Graphic Designer Last but not least, ada motion graphic designer. Seorang motion grafis adalah desainer yang bertugas untuk memberi gerakan pada aset illustrasi grafis yang sudah ada. Bisa dibilang, profesi motion grafis adalah salah satu jenis desainer yang sedang banyak dicari. Mau jadi desainer motion selanjutnya?


Penutup

Nah, itu tadi adalah maca-macam desainer yang perlu kamu kalian tahu Sobat Owly. Gimana, udah tau atau baru tau nih? Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kalian, ya!

Ngomong-ngomong, kalian sendiri pengen jadi desainer yang mana nih? Komen di kolom komentar ya!

Baca Juga

1 tampilan0 komentar

Comentarios


bottom of page