top of page

Ini Perbedaan Tones dan Shades, Lengkap dengan Contohnya 

Apakah kamu tahu apa perbedaan tones dan shades?. Jika belum, kamu wajib menyimak penjelasannya di bawah ini. 

Dalam dunia seni dan desain, terdapat beberapa istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan perbedaan nilai atau warna pada suatu karya seni.

Dua di antaranya adalah “tones” dan “shades”. Meskipun kedua istilah tersebut sering digunakan secara bergantian, sebenarnya ada perbedaan penting antara keduanya.

Pada artikel ini, Sekolah akan membahas perbedaan tones dan shades, serta memberikan beberapa contohnya.

Perbedaan Tones dan Shades

Perbedaan Tones dan Shades – Freepik

Perbedaan Tones dan Shade

Tones dan shades merujuk pada dua cara yang berbeda untuk mengubah nilai warna dari suatu warna dasar.

Tones mengacu pada nilai warna yang diperoleh dengan menambahkan warna netral (abu-abu) ke warna dasar. Ini menghasilkan suatu warna yang lebih lembut atau lebih redup daripada warna dasar.

Di sisi lain, shades mengacu pada nilai warna yang diperoleh dengan menambahkan warna hitam ke warna dasar. Ini menghasilkan warna yang lebih gelap dan lebih kaya dari warna dasar.

Dengan kata lain, shades membuat warna semakin gelap, sedangkan tones membuat warna semakin redup.

Contoh tones

Perbedaan Tones dan Shades – Canva

Salah satu contoh paling umum dari tones adalah pink. Pink adalah hasil dari menambahkan warna putih ke merah, yang menghasilkan warna yang lebih lembut dan lebih redup dari merah.

Warna peach juga merupakan contoh tones, karena merupakan hasil dari menambahkan warna netral ke kuning dan merah muda.

Contoh lain dari tones adalah warna abu-abu dan beige. Warna abu-abu diperoleh dengan menambahkan warna hitam ke putih, yang menghasilkan warna yang lebih lembut dan lebih redup dari putih.

Beige, di sisi lain, adalah hasil dari menambahkan warna netral ke kuning, yang menghasilkan warna yang lebih lembut dan lebih redup dari kuning.

Contoh shades

Perbedaan Tones dan Shades – Canva

Salah satu contoh paling umum dari shades adalah maroon. Maroon adalah hasil dari menambahkan warna hitam ke merah, yang menghasilkan warna yang lebih gelap dan lebih kaya dari merah.

Warna cokelat juga merupakan contoh shades, karena merupakan hasil dari menambahkan warna hitam ke oranye.

Contoh lain dari shades adalah navy blue dan dark green. Navy blue adalah hasil dari menambahkan warna hitam ke biru.

Sementara, untuk dark green adalah hasil dari menambahkan warna hitam ke hijau. Kedua warna ini merupakan warna yang lebih gelap dan lebih kaya dari warna dasar.

Kesimpulan terkait perbedaan tones dan shades

Tones dan shades merupakan istilah yang sering digunakan dalam seni dan desain untuk menggambarkan perbedaan nilai atau warna pada suatu karya seni.

Tones mengacu pada nilai warna yang diperoleh dengan menambahkan warna netral ke warna dasar, sedangkan shades mengacu pada nilai warna yang diperoleh dengan menambahkan warna hitam ke warna dasar.

Meskipun sering digunakan secara bergantian, perbedaan antara keduanya sangat penting untuk dipahami bagi para desainer.

Dengan memahami perbedaan ini, desainer dapat menciptakan karya seni yang lebih dinamis dan menarik, serta membuat pilihan warna yang lebih tepat dalam desain mereka.

Penggunaan tones dan shades juga dapat membantu desainer mencapai tujuan tertentu dalam karya seni mereka, seperti menciptakan efek dramatis atau menciptakan nuansa tertentu.

4 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page