top of page

Ini Warna Hitam Paling Gelap, Buat Benda 3D Tinggal Siluet Saja

Apakah ada warna hitam paling gelap? Jawabnya, ada dan warna tersebut bisa menyerap cahaya hingga 99,965 persen.

Jika ada warna yang bisa memecahkan rekor dunia, maka Surrey NanoSystems akan mengatakan soal lapisan super hitamnya yang dikenal nama Vantablack, dikutip dari Science.howstuffworks.com.

Lapisan itu memegang rekor dunia yang diverifikasi secara independen sebagai zat buatan manusia yang paling gelap di situs resminya.

Secara teknis, Vantablack merupakan lapisan pigmen yang dikembangkan pada 2014 oleh Surrey NanoSystems. Nama Vantablack sendiri merupakan singkatan dari Vertically Aligned Nano Tube Array Black. 

Warna Hitam Paling Gelap, Vantablack – SURREY NANOSYSTEMS

Tujuan pembuatan Vantablack 

Vantablack awalnya dirancang untuk digunakan dalam perjalanan ruang angkasa dan optik aplikasi pada bahan sensitif untuk membantu meningkatkan visibilitas objek jauh yang sedang dipelajari.

Misalnya dengan melapisi teleskop memakai Vantablack bisa menyerap silau, sehingga memudahkan pengguna untuk melihat bintang dan planet yang jauh.

Proses pembuatan Vantablack itu memanfaatkan reaksi kimia untuk menumbuhkan jutaan filamen mikroskopis tabung nano karbon (CNT) ke permukaan objek yang dilapisi.

Diketahui bahwa CNT bisa menyerap hampir semua cahaya yang mencapai objek, membuatnya tampak seperti warna hitam yang hampa. 

Benda atau pigmen berwarna hitam itu normalnya menyerap cahaya lebih banyak, tetapi tetap ada yang dipantulkan walau sedikit.

Oleh kerena itu, mobil hitam menjadi lebih panas di hari yang cerah daripada mobil berwarna putih.

Tujuan Vantablack adalah untuk menyerap cahaya sebanyak mungkin, yang jika berhasil akan menghilangkan kedalaman dan tekstur objek yang terlihat, lalu hanya menyisakan siluet.

Jadi, saat sebuah benda berbentuk 3D dilapisi dengan Vantablack maka lengkungan-lengkungan yang ada menjadi tak terlihat. 

Warna Hitam Paling Gelap

Warna Hitam Paling Gelap, Vantablack – SURREY NANOSYSTEMS

Bisakah Vantablack dibeli?

Buat kamu yang ingin membeli pelapis warna Vantablack hingga saat ini belum bisa. Alasannya masih sulit diproduksi dan harganya akan sangat mahal.

Walaupun begitu Surrey NanoSystems menyediakan sampel untuk universitas, museum, dan lembaga penelitian untuk ditampilkan.

Baru-baru ini ada seniman bernama Stuart Semple yang menciptakan dua cat akrilik hitam matte, Black 2.0 dan Black 3.0, yang sangat hitam.

Warna cat akrilik tersebut memang bukan warna yang sangat hitam, tetapi lebih terjangkau dan kamu bisa membelinya secara online di situs resmi milik sang seniman. 

Nah, itulah warna hitam paling gelap yang bisa membuat benda 3D hanya tinggal siluet saja.

38 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page