top of page

Kenapa Comic Sans Dibenci? Ini Penyebab Sebenarnya

Sebagai salah satu font yang bersejarah dan paling banyak dipakai, pastinya kamu pernah bertanya-tanya kenapa Comic Sans dibenci?.

Kebencian akan font Comic Sans itu sebenarnya bukan datang dari desainnya, tetapi karena banyak orang yang memakai font tersebut dengan penggunaan yang tidak tepat.

Padahal sang desainer bernama Vincent Connare menyebut bahwa dia merancang Comic Sans, lantaran merasa bahwa Times New Roman tidak cocok dengan untuk dipakai dalam balon pesan komik.

“Saya mendesain Comic Sans saat saya bekerja di Microsoft. Saya telah diberi versi beta dari Microsoft Bob, paket perangkat lunak komik yang dirancang terutama untuk pengguna muda,” jelas Vincent Connare kepada Fonts.com.

“Paket perangkat lunak tersebut menampilkan seekor anjing bernama Rover, dengan balon pesan Times New Roman, yang anehnya tidak sesuai dengan konteks komik,” sambungnya.

“Inspirasi saya untuk Comic Sans datang dari keterkejutan melihat Times New Roman digunakan secara tidak tepat.”

Dari situlah Comic Sans bisa tercipta dan banyak orang yang menyukai font tersebut, karena dirasa tak terlalu formal.


Kenapa Comic Sans Dibenci

Kenapa Comic Sans Dibenci – Wikimedia Commons

Comic Sans digunakan secara sembarangan

Comic Sans memang diterima dengan baik oleh kalangan desainer maupun non-desainer, tetapi banyak orang awam yang menyalahgunakannya.

Alhasil itulah sebab utama kenapa Comic Sans dibenci banyak orang, dan kini banyak yang menghindari untuk memakai font tersebut.

Menurut Profesor Retorika dan Komunikasi Profesional di Iowa State University, Jo Mackiewicz banyak orang non-desainer yang memakai Comic Sans untuk mendesain selebaran, situs web, undangan, dan dokumen.

“Saya pikir banyak alasan orang membencinya adalah karena sering terlihat dan di tempat-tempat yang seharusnya tidak digunakan. Fakta bahwa itu digunakan di luar tujuan menjadi menjengkelkan bagi orang yang lebih tahu, ”kata Jo Mackiewicz kepada Live Science.

Penggunaan Comic Sans yang tepat

Sementara itu, Vincent Connare juga sempat menyebut bahwa Comic Sans adalah font Justin Bieber.

Kata-kata tersebut bisa muncul karena Comic Sans dianggap sebagai font yang berakhir di tempat yang tidak seharusnya.

Padahal tujuan awal dari pembuatan Comic San itu dipakai untuk mendesain hal-hal yang non-formal dan cenderung kekanak-kanakan.

Hubungan Comic Sans dan Disleksia

Walaupun banyak yang membencinya, kamu juga harus tahu bahwa Comic Sans itu bisa membantu penderita Disleksia dalam membaca tulisan.

Disleksia adalah sebuah gangguan dalam perkembangan membaca dan menulis anak, yang umumnya terjadi saat anak dalam masa pertumbuhan.

Kenapa Comic Sans Dibenci

Kenapa Comic Sans Dibenci – Canva

British Dyslexia Association dan Dyslexia Association of Ireland menggunakan Comic Sans untuk mengurangi kesulitan membaca yang disebabkan oleh Disleksia.

Dalam sebuah artikel di The Establishment, Lauren Hudgins menjelaskan bahwa bentuk huruf Comic Sans itu tidak beraturan dan memungkinkan seseorang untuk fokus pada bagian kata tertentu.

Demikianlah alasan kenapa Comic Sans dibenci banyak orang. Semoga setelah ini kamu tak ikut-ikutan membenci Comic Sans tanpa alasan ya!

6 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page