top of page

Lebih Mudah Dibaca Font Sans Serif atau Serif? Ini Jawabannya

Penasaran manakah yang lebih mudah dibaca font Sans Serif atau Serif? Ketahui jawaban dengan membaca penjelasan di bawah ini.

Font Sans Serif dan Serif merupakan dua jenis font yang paling banyak dipakai oleh orang-orang sekarang ini.

Keduanya dianggap sebagai font yang punya desain sederhana, mudah dibaca, dan juga punya visual yang menarik.

Namun, dari kedua font tersebut manakah yang lebih mudah dibaca font Sans Serif atau Serif? Ketahui jawabannya di bawah ini.

Perbedaan font Sans Serif dan Serif

Sebelum mencari tahu soal jenis font mana yang paling mudah dibaca, ketahui dulu soal perbedaan antara Sans Serif dan Serif berikut ini.

Sans Serif itu merupakan font dengan tampilan tanpa garis diujung hurufnya, sedangkan Serif adalah font dengan sedikit kurva atau garis di bagian ekor dan batang setiap hurufnya.

Serif bisa dibilang sebagai font yang terkesan tradisional, sedangkan Sans Serif adalah kebalikannya dan cenderung terlihat sedikit lebih futuristik dan modern.

Lebih Mudah Dibaca Font Sans Serif atau Serif – Canva

Lebih Mudah Dibaca Font Sans Serif atau Serif ?

Jika kamu ingin mengetahui font manakah yang lebih mudah dibaca antara Sans Serif dan Serif, jawabannya adalah tergantung dari konteksnya.

Untuk teks bentuk panjang, beberapa peneliti percaya font Serif itu lebih mudah terbaca. Namun, perbedaan tingkat keterbacaannya hampir sama bagusnya.

Untuk teks display seperti papan reklame atau logo, hingga saat ini orang – orang lebih suka memakai font Sans Serif.

Walaupun begitu, saat ini font Serif juga mengalami kebangkitan, dan mulai melawan dominasi tren font Sans Serif dalam beberapa tahun terakhir.


Lebih Mudah Dibaca Font Sans Serif atau Serif

Lebih Mudah Dibaca Font Sans Serif atau Serif – Canva

Pedoman memakai font Sans Serif

Pada akhirnya, jika kamu tidak yakin mana yang akan digunakan, patuhi pedoman berikut saat menggunakan font Sans Serif.

Sans Serif dikenal karena kejelasan dan keterbacaannya. Gunakan mereka kapan pun kamu ingin berbagi informasi dengan mudah, jelas, dan langsung.

Jangan gunakan Sans Serif tebal atau berat untuk teks tubuh yang lebih panjang. Sebaliknya, pilih bobot yang lebih tipis.

Font Sans Serif sangat serbaguna dan berfungsi untuk berbagai gaya identitas merek. Industri seperti teknologi, olahraga, konsultasi, mode, mobil, dan manufaktur cocok memakai font jenis ini.

Sans Serif ideal untuk logo minimalis, tetapi jika kamu mencari sesuatu yang sedikit lebih manusiawi dan pribadi, bisa memilih font Serif atau Skrip.

Kamu dapat mencoba berbagai fitur dan gaya glyph di Sans Serif yang ada, karena banyak jenis font hadir dengan karakter alternatif untuk menciptakan desain yang sempurna.

Demikianlah hal-hal yang perlu kamu ketahui soal lebih mudah dibaca font Sans Serif atau Serif, beserta pedoman memakainya.

2 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page