top of page

Memahami Pentingnya Visual Hierarki dalam Desain

Visual hierarki adalah konsep penting dalam desain grafis dan web. Ini adalah tentang cara mengatur elemen visual untuk menarik perhatian pengguna dan membimbing mereka melalui informasi secara efektif. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai pengertian visual hierarki, mengapa ini penting dalam desain, dan cara mengimplementasikannya secara efektif.

Baca Juga 15 tren logo yang muncul untuk tahun 2023

Apa itu visual hierarki?

Visual hierarki adalah cara menempatkan elemen-elemen desain dalam urutan yang bermakna sehingga pengguna dapat dengan mudah mengidentifikasi dan memahami informasi yang disajikan.

Ini melibatkan penggunaan ukuran, bentuk, warna, dan tekstur untuk menunjukkan elemen mana yang lebih penting atau lebih dominan dalam desain.

visual hierarki

visual hierarkiFreepik

Mengapa visual hierarki penting dalam desain?

Visual hierarki sangat penting dalam desain karena itu membantu pengguna untuk memahami informasi yang disajikan dengan lebih mudah dan efektif.

Tanpa visual hierarki yang tepat, elemen desain bisa menjadi tidak teratur dan tidak jelas, yang dapat membingungkan pengguna dan mengurangi efektivitas desain.

Baca Juga 10 Rekomendasi Laptop yang Cocok untuk Desain Grafis, Lengkap dengan Spesifikasinya

Bagaimana cara mengimplementasikan visual hierarki dengan efektif?

Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana cara mengimplementasikan visual hierarki dengan efektif:

1. Mulailah dengang struktur

Pertama-tama, kamu harus memiliki struktur yang jelas untuk desain kamu. Pikirkan tentang pesan utama yang ingin disampaikan dan bagaimana kamu ingin pengguna melihat informasi tersebut.

2. Gunakan kontras

Kontras adalah cara yang baik untuk menonjolkan elemen desain yang paling penting. Gunakan warna, ukuran, atau bentuk yang berbeda untuk menkamui elemen penting dari yang kurang penting.

3. Pilih tipe huruf dengan bijak

Pemilihan tipe huruf dapat mempengaruhi bagaimana pengguna membaca dan memahami informasi dalam desain kamu. Pilih jenis huruf yang mudah dibaca dan ukuran yang tepat untuk setiap elemen.

4. Posisi elemen yang tepat

Posisikan elemen desain dengan bijak untuk menunjukkan urutan yang benar dari informasi. Misalnya, elemen penting harus ditempatkan lebih dekat ke pusat atau pada posisi yang lebih tinggi dalam desain.

5. Pertimbangkan spasi

Penting untuk memberi cukup ruang antara elemen desain sehingga pengguna dapat membaca dan memahami informasi dengan jelas. Hindari tumpang tindih atau penempatan terlalu dekat antara elemen desain.

Baca Juga 6 Tips Membuat Desain Packaging yang Bagus dan Bisa Menarik Konsumen

6. Pertimbangkan konteks

Konteks juga mempengaruhi visual hierarki. Pertimbangkan elemen desain yang akan ditempatkan di mana dan siapa yang akan melihatnya. Misalnya, warna atau bentuk yang efektif di satu konteks mungkin tidak berfungsi dengan baik di konteks yang berbeda.

7. Gunakan hanya elemen yang diperlukan

Jangan terlalu banyak menggunakan elemen desain, karena dapat membuat desain terlihat terlalu ramai dan sulit dipahami. Gunakan hanya elemen yang diperlukan untuk menyampaikan pesan utama.

8. Lakukan percobaan

Melakukan beberapa percobaan untuk menemukan visual hierarki yang paling efektif untuk desain kamu. Cobalah menggunakan variasi warna, ukuran, bentuk, dan tekstur untuk melihat apa yang terbaik dalam menarik perhatian pengguna dan membimbing mereka melalui informasi secara efektif.

9. Perhatikan urutan baca

Pertimbangkan bagaimana pengguna akan membaca informasi pada desain kamu. Secara umum, pengguna membaca dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah, jadi posisikan elemen desain sesuai dengan urutan baca alami.

Baca Juga 12 Website Terbaik untuk Membuat Portofolio Desain, Tempat Bagus buat Pamer Karya

Kesimpulan

Visual hierarki adalah konsep penting dalam desain grafis dan web. Ini membantu pengguna untuk memahami informasi dengan lebih mudah dan efektif.

Dengan mengikuti tips yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat mengimplementasikan visual hierarki dengan efektif dan membuat desain yang menarik dan efektif.

#adobephotoshop #desaingrafis #pelatihandesain #sekolahdesain

1 tampilan0 komentar
bottom of page