top of page

Mempercepat Proses Desain: Tips dan Trik untuk Efisiensi Lebih Tinggi

Bagaimana cara terbaik untuk mempercepat proses desain? Ini sejumlah tips dan trik yang bisa kamu coba.

Desain merupakan sebuah proses yang membutuhkan waktu dan tenaga untuk mencapai hasil yang baik.

Namun, dengan beberapa tips dan trik yang tepat, kamu dapat mempercepat proses desain dan meningkatkan efisiensi kamu.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mempercepat proses desain yang bisa kamu terapkan. 

Mempercepat Proses Desain

Mempercepat Proses Desain – Freepik

Tips dan trik mempercepat proses desain

1. Buat rencana yang jelas

Sebelum memulai desain, pastikan kamu telah membuat rencana yang jelas dan terperinci. Hal ini akan membantu kamu memahami apa yang perlu dilakukan dan bagaimana cara melakukannya. Dengan memiliki rencana yang jelas, kamu dapat menghemat waktu dan energi, serta mengurangi risiko kesalahan saat melakukan desain.

2. Gunakan alat desain yang tepat

Pilihlah alat desain yang tepat untuk mempercepat proses kamu. Misalnya, jika kamu ingin membuat ilustrasi, kamu dapat menggunakan alat vektor seperti Adobe Illustrator atau CorelDRAW. Namun, jika kamu ingin membuat desain web, alat seperti Adobe XD atau Figma mungkin lebih cocok untuk kamu. Dengan memilih alat desain yang tepat, kamu dapat mempercepat proses desain dan menghasilkan karya yang lebih efektif.

3. Gunakan template yang tersedia

Template adalah salah satu cara yang efektif untuk mempercepat proses desain kamu. Dengan menggunakan template, kamu tidak perlu mulai dari awal untuk membuat desain kamu. kamu dapat menyesuaikan template yang tersedia dengan kebutuhan kamu, sehingga mempercepat proses desain dan menghemat waktu.

Cara Tingkatkan Selera Desain buat Hasilkan Karya Bagus

Mempercepat Proses Desain – Freepik

4. Gunakan shortcut dan action

Mempercepat proses mendesain juga bisa dilakukan dengan menggunakan shortcut dan action pada alat desain kamu. Shortcut dan action adalah perintah yang tersedia di dalam alat desain kamu untuk mempercepat proses desain. Misalnya, kamu dapat menggunakan shortcut untuk memindahkan objek atau membuat objek baru dengan cepat.

5. Buat kumpulan asset  

Membuat kumpulan asset adalah cara lain untuk mempercepat proses desain kamu. Asset adalah elemen desain yang sering digunakan, seperti logo, ikon, atau gambar. Dengan membuat kumpulan asset, kamu dapat menghemat waktu dan energi, serta mengurangi risiko kesalahan saat melakukan desain.

6. Cari Inspirasi dari sumber terpercaya

Cari inspirasi dari sumber terpercaya seperti situs web desain, blog, atau media sosial. Dengan mencari inspirasi dari sumber terpercaya, kamu dapat menghemat waktu dan energi dalam mencari ide desain yang tepat. kamu juga dapat mempercepat proses desain dengan menemukan inspirasi dan ide baru dari sumber terpercaya.

7. Gunakan tim Desain yang efektif

Jika kamu bekerja dalam tim desain, pastikan tim kamu efektif dan terorganisir dengan baik. Pastikan setiap anggota tim memiliki tugas yang jelas dan saling terkoordinasi dengan baik. Dengan bekerja sebagai tim yang efektif, kamu dapat mempercepat proses desain dan menghasilkan karya yang lebih efektif.

Kesimpulan

Namun, perlu diingat bahwa meskipun mempercepat proses mendesain adalah hal yang penting, tetaplah fokus pada kualitas hasil akhir. 

Jangan sampai efisiensi dan kecepatan mengorbankan kualitas dan estetika dalam desain kamu. Tetaplah memperhatikan detail dan kualitas dalam setiap tahap proses desain.

Dengan mengimplementasikan tips dan trik yang tepat, kamu dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses desain kamu, sambil tetap mempertahankan kualitas dan estetika dalam karya kamu. Selamat mencoba!

6 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page