top of page

Perbedaan Textures dan Materials di 3D Modeling, Ini Penjelasannya 

Jika kamu sedang mempelajari dunia 3D modeling, kamu mungkin pernah mendengar istilah “textures” dan “materials”.

Keduanya digunakan untuk memberikan detail pada objek 3D, namun keduanya memiliki perbedaan.

Dalam artikel ini, Sekolah Desain akan membahas perbedaan textures dan materials di 3D modeling, dikutip dari Makeuseof.com. 

Perbedaan Textures dan Materials di 3D Modeling – Freepik

Textures

Textures adalah gambar 2D yang digunakan untuk memberikan detail pada permukaan objek 3D.

Mereka digunakan untuk memberikan efek visual seperti kerutan, goresan, dan noda pada permukaan objek.

Misalnya, jika kamu ingin membuat dinding batu yang terlihat seperti nyata, kamu dapat menggunakan texture batu untuk memberikan detail pada permukaannya.

Textures diterapkan pada permukaan objek melalui proses yang disebut “UV mapping”. Proses ini melibatkan meletakkan potongan-potongan tekstur pada permukaan objek seperti menempelkan stiker.

Potongan-potongan tersebut kemudian dirapikan dan diatur sehingga tampak halus dan realistis.

Textures umumnya diterapkan pada objek dengan bantuan perangkat lunak 3D modeling seperti Autodesk Maya, Blender, atau 3DS Max.

Ada banyak sumber textures yang tersedia di internet dan juga dapat dibuat secara manual dengan menggunakan software editing gambar seperti Adobe Photoshop.

Perbedaan Textures dan Materials di 3D Modeling – Freepik

Materials

Materials adalah campuran berbagai properti seperti warna, tekstur, dan reflektifitas yang digunakan untuk memberikan efek visual pada objek 3D.

Mereka digunakan untuk memberikan detail pada permukaan objek seperti warna dan kecerahan, serta sifat fisik seperti reflektifitas dan opasitas.

Sebagai contoh, jika kamu ingin membuat mobil yang terlihat seperti nyata, kamu dapat menggunakan material yang memberikan refleksi pada permukaannya untuk menciptakan efek kilau seperti pada mobil sungguhan.

Material diterapkan pada objek melalui perangkat lunak 3D modeling seperti Maya atau 3DS Max dengan memilih preset atau menyesuaikan pengaturan material yang sudah tersedia.

Kamu juga dapat membuat material kamu sendiri dengan mengombinasikan berbagai properti seperti warna, tekstur, dan reflektifitas.

Perbedaan Textures dan Materials di 3D Modeling

Perbedaan Textures dan Materials di 3D Modeling – Freepik

Perbedaan textures dan materials

Perbedaan utama antara textures dan materials adalah bahwa textures hanya memberikan detail pada permukaan objek, sedangkan materials memberikan sifat fisik dan visual pada permukaan objek.

Texture hanya digunakan untuk memberikan detail seperti goresan atau kerutan pada permukaan objek, sedangkan material digunakan untuk memberikan sifat seperti reflektifitas, opasitas, dan sebagainya.

Kesimpulan

Textures dan materials adalah dua konsep penting dalam 3D modeling. Texture digunakan untuk memberikan detail visual pada permukaan objek, sedangkan materials memberikan sifat fisik dan visual pada permukaan objek.

Penting untuk memahami perbedaan antara keduanya agar dapat membuat objek 3D yang realistis dan menarik.

Dalam dunia 3D modeling, texture dan material adalah alat yang sangat penting untuk menciptakan objek yang indah dan realistis.

Nah, itulah perbedaan textures dan materials di 3D modeling yang perlu kamu ketahui secara mendetail.

6 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page