top of page

Seberapa Penting UI UX untuk E-commerce? Ini 6 Poin yang Wajib Diketahui

Bagi kamu desainer yang hendak mendesain website atau aplikasi untuk e-commerce, wajib tahu soal seberapa penting UI UX untuk e-commerce?. Berikut ulasan selengkapnya.

Dalam era digital seperti sekarang ini, perdagangan online atau e-commerce telah menjadi salah satu bentuk bisnis yang paling populer.

Berbagai perusahaan yang ingin bersaing di pasar global menggunakan platform e-commerce untuk memasarkan produk mereka.

Namun, sukses di dunia e-commerce tidak hanya tentang produk dan harga yang baik, tetapi juga tentang pengalaman pengguna yang memuaskan. Inilah mengapa UI UX sangat penting dalam e-commerce.

UI UX adalah singkatan dari User Interface dan User Experience. User Interface mengacu pada tampilan visual dari sebuah website atau aplikasi, sedangkan User Experience mengacu pada pengalaman pengguna ketika menggunakan platform tersebut.

Dalam hal e-commerce, UI UX adalah faktor kunci dalam membantu pengguna berinteraksi dengan platform secara efektif, memberikan pengalaman pengguna yang optimal, dan meningkatkan konversi dan penjualan.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa UI UX penting untuk e-commerce.

Seberapa Penting UI UX untuk E-commerce – Freepik

Seberapa penting UI UX untuk e-commerce?

1. Meningkatkan konversi

UI UX yang baik membantu meningkatkan konversi dengan memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Platform e-commerce yang mudah digunakan, memiliki navigasi yang jelas, dan menawarkan keterampilan berbelanja yang mudah untuk menemukan produk, menambahkannya ke keranjang, dan membayar, akan membuat pelanggan merasa nyaman dan cenderung untuk kembali.

2. Meningkatkan loyalitas pelanggan

UI UX yang baik juga membantu meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan akan lebih mungkin untuk kembali berbelanja di platform e-commerce yang menawarkan pengalaman pengguna yang memuaskan. Jika pelanggan merasa frustrasi atau kesulitan saat menggunakan platform, mereka mungkin beralih ke pesaing yang menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Seberapa Penting UI UX untuk E-commerce – Freepik

3. Memudahkan navigasi

UI UX yang baik memudahkan navigasi. Pengguna harus mudah menemukan produk yang mereka inginkan dan dapat dengan mudah menavigasi platform. Jika pengguna mengalami kesulitan menemukan produk atau sulit bergerak di sekitar platform, mereka mungkin tidak akan kembali ke platform e-commerce tersebut.

4. Meningkatkan keterlibatan pelanggan

UI UX yang baik juga meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan platform. Pengguna akan lebih mungkin untuk membeli produk yang menarik dan menarik minat mereka jika mereka menemukan produk tersebut dengan mudah dan dapat dengan mudah mempelajari lebih lanjut tentang produk. Selain itu, pengguna juga lebih mungkin untuk membagikan produk dengan teman dan keluarga mereka jika platform e-commerce memiliki fitur berbagi yang mudah digunakan.

Seberapa Penting UI UX untuk E-commerce – Freepik

5. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

UI UX yang baik juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Platform e-commerce yang terlihat profesional dan mudah digunakan akan memberikan kesan positif pada pelanggan dan membuat mereka merasa percaya diri dalam membeli produk dari platform tersebut.

Dalam kesimpulannya, UI UX yang baik sangat penting dalam e-commerce. UI UX yang memuaskan membantu meningkatkan konversi, meningkatkan loyalitas pelanggan, memudahkan navigasi, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Oleh karena itu, perusahaan E-commerce harus memperhatikan desain UI UX dengan sangat serius jika mereka ingin sukses di pasar yang kompetitif ini.

Nah, itulah ulasan sekolah Desain terkait seberapa penting UI UX untuk e-commerce. Semoga dari artikel ini kamu bisa banyak mempelajari pengetahuan yang bermanfaat.

8 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page