top of page

Software yang Digunakan oleh Makoto Shinkai dalam Film Kimi No Nawa, Tenki no Ko hingga Suzume

Beberapa software yang digunakan oleh Makoto Shinkai dalam menghasilkan film yang populer dan indah. Ini daftarnya.

Makoto Shinkai adalah seorang animator dan pembuat film Jepang yang terkenal dengan karyanya yang sarat emosi dan sering mengeksplorasi tema cinta, kehilangan, dan hubungan manusia dengan alam.

Sudah ada banyak film-film dengan visual indah dan cerita yang memukau, yang telah Makoto Shinkai buat, yang populer, ada Your Nama (Kimo no Nawa), Weathering With You (Tenki no Ko), dan yang terbaru ada Suzume no Tojimaru.

Ketika melihat film-film tersebut, pernahkan kamu merasa penasaran dengan software grafis yang Makoto Shinkai.

Jika kamu juga merasa penarsaran, kamu wajib menyimak ulasan soal software apa yang digunakan oleh Makoto Shinkai di bawah ini.

Daftar software yang digunakan oleh Makoto Shinkai

Sebenarnya sama seperti kebanyakan animator Jepang, Makoto Shinkai juga menggambar karakter secara manual memakai tangan, tetapi tetap ada bantuan Computer Graphic (CG) yang berperan.

Perlu kamu ketahui juga bahwa untuk menghasilkan karya film yang keren, dia juga tetap memiliki tim yang solid dan berbakat, jadi Makoto Shinkai tentunya tidak bekerja sendirian. Ada banyak orang yang membantunya.

Melansir dari Animationscoop.com, lewat sebuah wawancara, Makoto Shinkai menyebut ada beberapa software grafis yang digunakan, mulai dari produk besutan Adobe hingga Blender.

“3D Studio Max sering digunakan, tetapi tergantung juga pada para staf, karena kadang-kadang berbeda,” jelas Makoto Shinkai.

“Namun, sama seperti kebanyakan animator Amerika, kami juga memakai Blender. Dan, akan menggabungkan hasil dari Blender dan 3D Studio Max memakai Adobe After Effects,” tambahnya.

  1. Adobe After Effects

Adobe After Effects adalah software kreatif yang digunakan untuk membuat efek visual, animasi, dan compositing untuk film, video, dan media digital lainnya.

Software yang dikembangkan oleh Adobe Systems ini menjadi salah satu software paling populer di industri film dan video.

Dalam industri film, Adobe After Effects digunakan untuk membuat efek visual dan compositing dalam film, termasuk efek khusus seperti ledakan, efek cuaca, atau efek cahaya.

Software yang Digunakan oleh Makoto Shinkai – After Effects

  1. 3D Studio Max

3D Studio Max adalah salah satu software desain 3D yang banyak digunakan oleh para profesional di industri kreatif seperti film, video game, dan arsitektur.

Software ini dikembangkan oleh Autodesk dan menyediakan fitur-fitur yang lengkap untuk membuat model 3D, animasi, rendering, dan efek visual.

Dalam industri film, 3D Studio Max banyak digunakan untuk membuat model 3D dari objek, karakter, dan lingkungan. Para animator dapat menggunakan software ini untuk membuat animasi yang halus dan realistis.

Software ini juga mendukung plug-in dan scripting yang memungkinkan pengguna untuk memperluas fitur yang tersedia dan mengoptimalkan proses kerja.

Software yang Digunakan oleh Makoto Shinkai – Commons Wikimedia

  1. Blender

Blender adalah software desain grafis 3D open-source yang sangat populer dan gratis. Software ini memiliki banyak fitur dan alat yang memungkinkan pengguna untuk membuat model 3D yang kompleks, animasi, dan efek visual dengan mudah.

Salah satu kelebihan Blender adalah kemampuannya dalam melakukan sculpting, yaitu proses pembentukan objek dengan teknik memahat atau mengukir.

Blender memiliki alat-alat sculpting yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga memungkinkan pengguna untuk membuat objek dengan detail yang tinggi dan lebih realistis.

Software yang Digunakan oleh Makoto Shinkai – Commons Wikimedia

Nah, itulah sejumlah software yang digunakan oleh Makoto Shinkai untuk membuat film yang menarik banyak minat penonton dan kritikus.

8 tampilan0 komentar

Kommentare


bottom of page