top of page

Ukuran Logo yang Tepat Berdasarkan Penggunaannya, Ada Website hingga Cetak

Dalam membuat logo, perlu sekali memperhatikan soal keterbacaannya. Jadi, sebagai seorang desainer tidak boleh sembarang dalam mengatur ukurannya. Ukuran yang tak tepat bisa mengakibatkan logo yang sudah susah-susah dibuat jadi tak terbaca. Untuk menghindari kesalahan dalam memilih ukuran logo, dalam artikel ini, Sekolah Desain akan menjelaskan cara menentukan ukuran logo yang tepat berdasarkan penggunaannya.

Ini ukuran logo yang tepat Berdasarkan penggunaannya

Apa ukuran logo paling tepat?

Untuk menentukan ukuran logo itu harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, intinya tidak ada satu ukuran yang bisa mencangkup semuanya. Jika ingin logo tetap bagus dan terbaca dengan jelas, harus menyesuaikan ukurannya, apakah itu untuk cetak atau sekadar untuk website

Ukuran logo terbaik untuk website:

Bisa dibilang website tanpa logo itu ibarat negara tanpa bendera. Pada umumnya sebuah website memerlukan dua logo, satu untuk bagian judul atau navigasi dan satu lagi untuk favicon atau ikon kecil yang muncul di tab website.

Dimensi logo untuk layout horizontal website:

250 pixel kali 150 pixel 350 pixel kali 75 pixel 400 pixel kali 100 pixel

Dimensi logo untuk header website:

160 pixel kali 160 pixel

Dimensi logo untuk favicon website:

Favicon diketahui berukuran sangat kecil, meskipun begitu beberapa pembuat website, akan meminta kalian untuk memperbesar ukurannya. Dimensi favicon yang disarankan tercantum di bawah ini, dari yang kecil hingga yang lebih besar.

16 pixel kali 16 pixel 32 pixel kali 32 pixel 48 pixel kali 48 pixel

Sedangkan untuk ukuran file logo di website harus selalu di bawah 200 KB agar waktu pemuatan tetap cepat. Terkadang logo atau gambar akan terlihat bagus di satu perangkat atau satu browser, tetapi tampak buram dan terdistorsi di perangkat lain. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kualitas logo untuk melihat tampilannya langsung di semua jenis browser desktop ataupun di seluler.


Ukuran Logo yang Tepat Berdasarkan Penggunaannya – Facebook (Unplash)

Ukuran logo untuk media sosial

Bisa dibilang bahwa logo adalah wajah bisnis sebuah perusahaan. Jadi, secara alami logo berfungsi sebagai gambar profil dan foto sampul yang ada di halaman media sosial. Ingat juga bahwa sebagian media sosial akan menampilkan logo dengan letak di tengah bukan di sudut. Maka dari itu, pastikan membuat logo secara simetris di tengah agar saat dipakai di media sosial tetap terlihat bagus dan terbaca jelas.

Dimensi ukuran Facebook:

Gambar profil Facebook: 170 pixel x 170 pixel Gambar sampul Facebook: 851 pixel x 315 pixel

Dimensi ukuran Instagram:

Gambar profil Instagram: 110 pixel x 110 pixel


Ukuran Logo yang Tepat Berdasarkan Penggunaannya – Instagram (Unplash)

Dimensi ukuran LinkedIn:

Gambar profil LinkedIn: 400 pixel x 400 pixel Gambar sampul profil pribadi LinkedIn: 1536 pixel x 396 pixel Gambar sampul profil perusahaan LinkedIn: 1128 pixel x 191 pixel

Dimensi ukuran Twitter:

Gambar profil Twitter: 400 pixel x 400 pixel Gambar sampul Twitter: 1500px x 500 pixel

Ukuran logo untuk tanda tangan (signature) email

Jika ingin menambahkan signature atau tanda tangan di bagian akhir email atau menempatkan logo di atas atau di bawah nama. Bisa memakai ukuran berikut ini.

Lebar 300-400 pixel x 70-100 pixel

Kemudian, untuk ukuran file harus dibuat sekecil mungkin, tapi jangan lupakan juga soal keseimbangannya. Pastikan ukuran file di bawah 30 KB, jika bisa buat di bawah 10 KB.

Ukuran logo standar untuk dicetak

Ketika ingin mencetak logo pada kartu nama, kop surat, atau merchandise perusahaan seperti t-shirt dan tas jinjing, ada ukuran khususnya. Dimensi logo harus diganti dan disesuaikan dengan jenis produknya. Tas ukurannya umumnya 35 x 40 cm. Lalu, logo pada topi kira-kira lebarnya sekitar 8 – 9 cm.

Ukuran Logo yang Tepat Berdasarkan Penggunaannya – Totebag (Unplash)

Mengoptimalkan ukuran logo

Mengetahui ukuran logo yang tepat untuk berbagai platform akan sangat membantu seorang desainer. Jika ingin membuat logo lebih bersinar, gunakan sejumlah tips berikut ini.

  1. Pilih template logo gratis atau gunakan aplikasi pembuat logo.

  2. Pakai dimensi standar yakni 1200 x 1200 pixel (agar saat diskalakan kualitas terjaga).

  3. Sesuaikan ukuran logo dengan font dan elemen yang ada.

1.104 tampilan0 komentar

Comentários


bottom of page