top of page

10 Jenis Pekerjaan yang Diprediksi Akan Hilang karena AI, Harus Mulai Cari Keterampilan Baru

Di tengah perkembangan teknologi yang makin pesat, berikut ini ada sejumlah jenis pekerjaan yang diprediksi akan hilang karena AI. Berikut daftarnya.

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan saat ini semakin berkembang pesat dan mulai mempengaruhi berbagai sektor dalam dunia kerja.

Seiring dengan kemampuannya yang semakin canggih dan terus berkembang, AI mulai mengambil alih tugas-tugas yang sebelumnya dilakukan oleh manusia.

Hal ini tentunya memicu kekhawatiran bagi sebagian orang, khususnya mereka yang berada di jenis pekerjaan yang diprediksi akan hilang karena AI.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa jenis pekerjaan yang diprediksi akan hilang karena AI.

Baca Juga 10 Plugin Figma Terbaik buat Desainer UI/UX

Jenis Pekerjaan yang Diprediksi Akan Hilang karena AI – Freepik

Daftar pekerjaan yang diprediksi akan hilang karena AI

1. Pekerjaan Administrasi

Pekerjaan administrasi, seperti pengolahan data dan dokumen, saat ini sudah mulai beralih ke AI. Dengan kemampuan AI untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengolah data secara otomatis, pekerjaan administrasi menjadi semakin mudah dan efisien. Hal ini membuat beberapa jenis pekerjaan administrasi diprediksi akan hilang dalam waktu dekat.

2. Pekerjaan Pabrik

Industri manufaktur dan pabrik menjadi salah satu sektor yang paling terdampak oleh perkembangan AI. Beberapa jenis pekerjaan di pabrik, seperti operator mesin dan pekerjaan assembly, diprediksi akan digantikan oleh mesin dan robot cerdas yang dikendalikan oleh AI.

3. Pekerjaan Pelayanan Pelanggan

Dalam beberapa tahun terakhir, AI mulai digunakan untuk menggantikan peran manusia dalam pekerjaan pelayanan pelanggan. Dengan menggunakan chatbot dan asisten virtual, AI dapat memberikan respon dan solusi yang cepat dan efisien untuk masalah-masalah pelanggan. Hal ini dapat menggantikan peran customer service atau call center yang selama ini dijalankan oleh manusia.

4. Pekerjaan Jurnalistik

Meskipun saat ini belum terlalu terlihat, namun beberapa ahli percaya bahwa AI akan dapat menghasilkan tulisan dan berita yang berkualitas dalam waktu dekat. Dengan kemampuannya untuk mengumpulkan dan menganalisis data, AI dapat membuat laporan berita dan artikel yang lebih cepat dan efisien daripada manusia.

Jenis Pekerjaan yang Diprediksi Akan Hilang karena AI – Freepik

5. Pekerjaan Transportasi

Kendaraan otonom atau self-driving cars mulai berkembang dan diprediksi akan menggantikan peran pengemudi manusia dalam waktu dekat. Dengan kemampuan AI untuk mengemudi kendaraan secara otomatis, beberapa jenis pekerjaan transportasi seperti supir taksi atau pengemudi truk diprediksi akan hilang.

Baca Juga Kenapa Banyak Logo Makanan Cepat Saji Warna Merah dan Kuning? Ternyata Ini Alasannya

6. Pekerjaan Akuntansi

Beberapa tugas akuntansi, seperti pengolahan data dan pelaporan keuangan, diprediksi akan hilang karena AI. Dengan kemampuan AI untuk mengumpulkan dan menganalisis data keuangan secara otomatis, pekerjaan akuntansi yang lebih sederhana dan rutin kemungkinan akan digantikan oleh AI.

7. Pekerjaan Penjaga Keamanan

Pekerjaan penjaga keamanan, seperti satpam atau petugas keamanan, diprediksi akan tergantikan oleh teknologi AI seperti kamera pengintai dan sensor canggih yang dapat mendeteksi pergerakan dan aktivitas mencurigakan.

Jenis Pekerjaan yang Diprediksi Akan Hilang karena AI – Freepik

8. Pekerjaan Perbankan

Beberapa jenis pekerjaan di sektor perbankan, seperti teller atau petugas customer service, diprediksi akan digantikan oleh AI. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi AI seperti chatbot dan asisten virtual telah banyak digunakan oleh sektor perbankan untuk mengatasi tugas-tugas administratif dan memberikan pelayanan pelanggan.

9. Pekerjaan Penjualan

Pekerjaan di bidang penjualan, seperti sales representative atau sales agent, diprediksi akan tergantikan oleh teknologi AI yang mampu melakukan penjualan secara otomatis. Beberapa perusahaan saat ini sudah menggunakan chatbot dan program AI untuk menjual produk dan layanan mereka.

10. Pekerjaan Kreatif

Meskipun pekerjaan kreatif seperti desain grafis dan penulisan masih memerlukan keterampilan dan kecerdasan manusia yang khas, tetapi beberapa tugas dalam pekerjaan kreatif diprediksi akan tergantikan oleh teknologi AI.Misalnya, AI dapat menghasilkan gambar, animasi, dan video secara otomatis dengan menggunakan algoritma dan data.

Jenis Pekerjaan yang Diprediksi Akan Hilang karena AI – Freepik

Baca Juga Ternyata Hitam dan Putih Bukan Warna, Ini Sebabnya

Bisa disimpulkan bahwa perkembangan AI memang telah mengubah berbagai sektor dalam dunia kerja, termasuk jenis pekerjaan yang dijalankan oleh manusia.

Namun, manusia masih memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai jenis pekerjaan baru dan kompleks yang memerlukan keterampilan dan kecerdasan yang lebih spesifik.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus beradaptasi dan mengembangkan keterampilan baru dalam menghadapi era digital dan kecerdasan buatan.

Nah, itulah jenis-jenis pekerjaan yang diprediksi akan hilang kerena AI. Semoga informasi ini membantu.

#pekerjaanyangakandigantikanolehrobot #JenisPekerjaanyangDiprediksiAkanHilangkarenaAI #dampakberbahayaai #pekerjaanyangakanhilangdimasadepan #pekerjaanyangakanhilangkarenateknologi #dampakaibuatpekerjaan #PekerjaanapasajayangakanhilangataudigantikanperannyaolehAIArtificialIntelegence #pekerjaanyangakanhilangdimasadepandanalasannya

7 tampilan0 komentar
bottom of page