top of page

Cara Jadi Desainer Grafis (Panduan Lengkap)

Banyak sekali desainer pemula yang masih bingung tentang bagaimana cara jadi desainer grafis. Bahkan tak sedikit yang mengambil langkah kurang tepat.

cara jadi desainer grafis

cara jadi desainer grafis

“Emang apa sih langkah yang kurang tepat buat jadi desainer?”

Sebagai contoh banyak banget desainer yang salah langkah dengan memutuskan untuk langsung belajar aplikasi desain grafis. Kok bisa?

Yuk langsung aja Owly bahas secara mendalam. Baca sampai selesai supaya kamu ngga salah langkah dan buang-buang waktu ya Sobat Owly!

Cara Jadi Desainer Grafis

Menurut American Institute of Graphic Arts (AIGA), desain grafis adalah seni merencanakan serta memproyeksikan ide kedalam konten visual & tekstual. Seorang desainer grafis juga harus bisa nih mengomunikasikan pesan dengan cara yang indah tapi juga jelas.

Nah, berdasarkan pengertian di atas, bisa banget kita simpulkan kalau desainer grafis itu bukan cuma orang yang bisa software desain aja. Tapi lebih dari itu.

Meski tak sepenuhnya salah, tapi menguasai software desain tak otomatis membuat kamu jadi desainer grafis.

“Terus yang bener belajar apa dulu, dong?”

Tenang… Owly bakal share ke kalian langkah-langkahnya. Tanpa berlama-lama, langsung saja yuk kita bahas secara tuntas sebenarnya gimana sih cara jadi desainer grafis itu.

  1. Pilih Jenis Desainmu Sebelum memulai belajar, Owly saranin banget untuk pilih dulu jenis desain apa yang ingin kamu pelajari. Sebab, berbeda jenis desainnya, berbeda pula software atau tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan. Pada langkah pertama ini, kalian memang harus menghabiskan banyak waktu untuk melakukan riset. Dengan melakukan riset ini, kalian jadi tahu apa teori dan software yang harus kalian pelajari nantinya. Kenapa? Karena desainer grafis sendiri ada banyak macamnya. Mulai dari illustrator, layouter, desainer logo, dan lain sebagainya. Masing-masing desainer tadi tentunya harus menguasai ilmu dan teori tertentu sesuai dengan fokus serta tanggung jawabnya.

  1. Pelajari Dasar-Dasar Desain Grafis Setelah memutuskan bidang desain yang ingin kalian pelajari, hal yang wajib dilakukan selanjutnya adalah menguasai dasar. Banyak banget nih desainer yang melewatkan tahapan ini. Padahal tanpa dasar dan pondasi yang kuat, mereka tidak akan bisa menghasilkan karya yang tak hanya bagus tapi juga mampu mengomunikasikan pesan. Dalam desain grafis sendiri ada banyak sekali teori yang harus diketahui. Mulai dari visual hierarchy, teori warna, pola membaca, anatomi poster, dan lain sebagainya. Gimana, apa kamu udah tahu teori-teori ini?

Baca Lebih Lengkap Teori Desain Grafis
  1. Kuasai Softwarenya Sudah yakin dengan bidang desain yang akan kamu pilih dan sudah mempelajari teorinya? Sekarang saatnya kamu menguasai softwarenya. Sebelum belajar pun kamu harus tahu nih akan memilih software pengolah vektor atau piksel. Sebab dua jenis software ini jelas-jelas berbeda fungsi dan kegunaannya. Itulah kenapa Owly bilang bahwa sebelum belajar kamu harus riset dulu tentang bidang desain apa yang ingin kamu pelajari. Untuk menjelaskan secara singkat, software pengolah vektor seperti Adobe Illustrator cocok untuk kamu yang nantinya ingin fokus ke illustrasi. Sedangkan aplikasi desain grafis seperti Photoshop lebih cocok digunakan untuk manipulasi foto.

  1. Ikuti Pelatihan Desain Jika kamu adalah orang yang bisa belajar secara otodidak, maka kamu tidak perlu ikut pelatihan desain. Namun, jika kamu punya kesempatan, pelatihan desain akan sangat bermanfaat dan berguna untuk kamu. Kenapa? Karena jika kamu hanya belajar secara otodidak seperti dari tutorial youtube, maka kemampuanmu tak akan teruji. Bahkan bisa dibilang pengetahuanmu hanya terbatas dari hal yang kamu pelajari dari tutorial saja. Jika kamu ikut pelatihan desain, terutama pelatihan yang menyediakan mentor, kamu bisa benar-benar belajar langsung dari orang yang berpengalaman di dunia profesional. Apalagi saat mempelajari sesuatu kita pasti akan menemui kesulitan. Nah, jika ada mentor, kalian bisa langsung bertanya tentang kendala yang kalian alami.

Cara Jadi Desainer Grafis

Cara Jadi Desainer Grafis

  1. Banyak Berlatih Dalam mempelajari apapun, berlatih adalah salah satu tahap yang tidak boleh dilewatkan dan harus banyak dilakukan. Eh tapi berlatih tidak sembarang berlatih, ya. Jika memungkinkan, carilah orang yang bisa kalian tanyai pendapat tentang hasil belajar kalian. Ini bisa dilakukan dengan cara mengunggah karya kalian ke media sosial. Atau bisa juga dengan mencari mentor untuk menemani kalian belajar.

  2. Bergabung di Komunitas Bergabung di sebuah komunitas dan membangun koneksi juga merupakan salah satu cara jadi desainer grafis yang banyak dilupakan orang. Dengan berkumpul bersama orang-orang yang memiliki passion yang sama, semangat belajar kalian pasti akan terus terjaga. Selain itu, komunitas bisa jadi pembuka pintu rejeki kalian kedepannya lho Sobat Owly.

Solusi Buat Kamu yang Masih Bingung Memulai

Gimana? Apakah list cara jadi desainer grafis di atas semakin membuat kamu bingung harus memulai dari mana? Hehe tenang aja. Bukan Owly kalau ngga bawa Solusi.

Kebetulan banget nih kita di sekolahdesain.id ada satu kelas yang benar-benar mencakup semua step cara jadi desainer grafis di atas. Nama kelasnya adalah “How to be A Professional Graphic Designer”

Di kelas ini kamu akan belajar semuanya dari awal. Mulai dari teori dasar seperti visual hierarchy, anatomi poster, hingga hal rumit seperti menentukan harga desain. Dan tentu saja, akan ada mentor yang menemani kalian. Ngga cuma itu aja, kalian juga bakal bergabung di salah satu komunitas desain terbesar di Indonesia, lho. Kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan mentor lewat grup dan juga webinar yang akan diadakan setiap 1 bulan sekali.


Kesimpulan

Terlepas dari pembahasan di atas, langkah dan cara jadi desainer grafis sebenarnya ada banyak dan beragam Sobat Owly. Namun jika kalian bingung harus memulai darimana, langkah-langkah di atas adalah salah satu jalur yang bisa kalian pilih.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa mengobati kebingungan kalian ya. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel berikutnya~

Baca Artikel Lainnya

1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page